Aug 31, 2014

Sebaik Tempat Kembali Negri Akhirat

dunia akhirat

** ASTAGHFIRULLAH .. MINAL BARAAYAA ..
** ASTAGHFIRULLAH .. MINAL KHOTOYAA ..

“KESENANGAN di dunia ini hanya SEBENTAR dan AKHIRAT itu LEBIH BAIK bagi orang-orang yg BERTAQWA. Dan kamu tidak akan dianiaya

Pada hari kiamat nanti Allah akan mendatangkan salah satu dari calon penghuni neraka, yg mana orang tsb ketika hidup di dunia adalah orang yg p...aling nikmat hidupnya.

Kemudian oleh Allah orang tsb dicelupkan ke neraka 1 celupan, ditempelkan ke neraka 1 tempelan. Kemudian setelah itu orang itu ditarik oleh Allah kembali dari neraka. Setelah merasakan siksaan sekejap di neraka,

Lalu Allah menanyakan “هل رأيت نعيما قط؟” : “Wahai Fulan, apakah engkau masih ingat kenikmatan yg dulu engkau rasakan di dunia? Wanita yg engkau zinai ketika di dunia? Harta melimpah yg engkau nikmati di dunia? masakan yg paling enak yg engkau makan di dunia? Apakah engkau masih merasakan semua itu saat ini?

Kemudian orang tsb menjawab, “لا و الله ما رأيت نعيما قط” : “Tidak, Demi Allah, semuanya telah terlupakan.”

Kemudian Allah mendatangkan orang yg kedua.

Jika yg pertama tadi calon penghuni neraka, sekarang Allah mendatangkan calon penghuni Syurga. Calon penghuni surga tsb adalah orang yg dulunya ketika di dunia hidupnya sangat susah. Mungkin karena miskinnya dia, mungkin karena tubuhnya sakit-sakitan, pendek kata dia adalah orang yg paling sengsara hidupnya ketika di dunia.

Hanya saja dia adalah orang yg rajin beribadah. Kemudian oleh Allah orang tsb dicelupkan ke syurga sebentar, yg mungkin hanya beberapa detik.

Lalu Allah mengangkatnya dari surga dan bertanya “هل رأيت بؤسا قط؟” : “Apakah engkau
merasakan kesengsaraan yg dulu pernah engkau rasakan ketika di dunia?
Kemudian orang tsb menjawab,”لا والله يا رب ما رأيت بؤسا قط” : “Tidak, Demi Allah semuanya telah terlupakan yaa Robb.” (HR. Muslim)

Ket ** KENIKMATAN dan KESENGSARAAN yg kita rasakan di dunia itu SEMENTARA.

Orang yg ketika di dunia diliputi dg kesengsaraan, kesulitan dan betapa sempitnya hidup, namun senantiasa QONA’AH, maka mereka akan bergembira kelak. Demikian sebaliknya,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Setiap yg bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dg kebaikan dan keburukan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya. Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya’: 35)

Ibnu ‘Abbas menafsirkan ayat ini, “Kami uji kalian dg kesusahan dan kesenangan, dg sehat dan sakit, dg kekayaan dan kefakiran dan serta dg halal dan haram. semuanya adala ujian.”
(lihat: Kitab ‘uddatush Shoobiriin, karya Ibnul Qoyyim)

Sebagai seorang Mukmin sudah pasti kebahagiaan akhirat jauh lebih penting dan lebih utama dari kehidupan dunia. Sehingga kesenangan dan kenikmatan yg didapat di dunia tidak akan melalaikannya dari beriman dan beribadah pada Allah guna mengejar kebahagiaan abadi di kampung akhirat.

Ibnul Qoyyim pernah mengatakan tentang dunia, “Dunia ini ibarat bayangan. Kejar dia, maka sungguh kau tak akan bisa menangkapnya. Balikkan badanmu darinya, maka tidak ada pilihan baginya kecuali mengikutimu.”

Hasan Al-Bashri jg pernah berkata tentang dunia, “Ketika cinta atas dunia memasuki hati, maka takut akan akhirat akan keluar darinya. Berhati-hatilah dg godaan dunia, karena tidak seorang hamba pun yg membuka satu pintu dunia ini, tanpa tertutupnya beberapa pintu akhirat.”.

HAKIKAT HIDUP di dunia hanyalah SEBENTAR. Dan ALLAH telah menjelaskan perbandingannya dg kehidupan di AKHIRAT kelak adalah 1 hari (akhirat) : 50.000 tahun (dunia).

Semoga kita bisa MEMANFAAT_kan SISA HIDUP kita untuk BERTAQWA ..

مَتَاعُ الدَّنْيَا قَلِيلٌ وَالآخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقَى وَلاَ تُظْلَمُونَ فَتِيلاً

“KESENANGAN di dunia ini hanya SEBENTAR dan AKHIRAT itu LEBIH BAIK bagi orang-orang yg BERTAQWA. Dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun.” (QS: An-Nisa’: 77).


Dibalik Hijab Wanita yang menemukan Jati Dirinya

sholehah


Kisah nyata ini dari kawan saya bekerja. Semoga kisah ini berguna bagi yang membacanya, terutama kaum Hawa, juga bagi yang punya istri, yang punya anak perempuan, adik perempuan, saudara perempuan, kakak perempuan, yang masih punya Ibu, yang punya keponakan perempuan dst. Sahabatku menceritakan:

Ini cerita tentang adikku Nur Annisa, gadis yang baru beranjak dewasa namun rada Bengal dan tomboy. Pada saat umur adikku menginjak 17 tahun, perkembangan dari tingkah lakunya rada mengkhawatirkan ibuku, banyak teman cowoknya yang datang kerumah dan itu tidak mengenakkan ibuku sebagai seorang guru ngaji.

Untuk mengantisipasi hal itu ibuku menyuruh adikku memakai jilbab, namun selalu ditolaknya hingga timbul pertengkaran pertengkaran kecil diantara mereka.

Pernah satu kali adikku berkata dengan suara yang rada keras: “Mama coba lihat deh, tetangga sebelah anaknya pakai jilbab namun kelakuannya ngga beda beda ama kita kita, malah teman teman Ani yang disekolah pake jilbab dibawa om om, sering jalan jalan, masih mending Ani, walaupun begini-gini ani nggak pernah ma kaya gituan ”, bila sudah seperti itu ibuku hanya mengelus dada, kadangkala di akhir malam kulihat ibuku menangis, lirih terdengar doanya: “Ya Allah, kenalkan Ani dengan hukum Engkau ya Allah “.

Pada satu hari didekat rumahku, ada tetangga baru yang baru pindah. Satu keluarga dimana mempunyai enam anak yang masih kecil kecil. Suaminya bernama Abu Khoiri, (bukan Effendy Khoiri lhoo, entah nama aslinya siapa) aku kenal dengannya waktu di masjid.

Setelah beberapa lama mereka pindah timbul desas desus mengenai istri dari Abu Khoiri yang tidak pernah keluar rumah, hingga dijuluki si buta, bisu dan tuli. Hal ini terdengar pula oleh Adikku, dan dia bertanya sama aku: “Kak, memang yang baru pindah itu istrinya buta, bisu dan tuli ?

“..hus aku jawab sambil lalu” kalau kamu mau tau datangin aja langsung kerumahnya”. Eehhh, tuuh anak benar benar datang ke rumah tetangga baru. Sekembalinya dari rumah tetanggaku, kulihat perubahan yang drastis pada wajahnya, wajahnya yang biasa cerah nggak pernah muram atau lesu, mejadi pucat pasi….entah apa yang terjadi.?

Namun tidak kusangka selang dua hari kemudian dia meminta pada ibuku untuk dibuatkan Jilbab yang panjang, rok panjang, lengan panjang. Aku sendiri tambah bingung campur syukur kepada Allah SWT karena kulihat perubahan yang ajaib. Ku bilang ajaib karena dia berubah total.

Tidak banyak lagi anak cowok yang datang kerumah atau teman teman wanitanya untuk sekedar bicara yang nggak karuan, kulihat dia banyak merenung, banyak baca baca majalah islam yang biasanya dia suka beli majalah anak muda kaya gadis atau femina ganti jadi majalah majalah islam, ..

.. dan kulihat ibadahnya pun melebihi aku, tak ketinggalan tahajudnya, baca Qur’annya, sholat sunat nya, dan yang lebih menakjubkan lagi, bila teman ku datang dia menundukkan pandangannya. Segala puji bagi Engkau ya Allah SWT jerit hatiku..

Tidak berapa lama aku dapat panggilan kerja di kalimantan, kerja di satu perusahaan asing (PMA). Dua bulan aku bekerja disana aku dapat kabar bahwa adikku sakit keras hingga ibuku memanggil ku untuk pulang ke rumah (rumahku di Madiun).

Di pesawat tak henti hentinya aku berdoa kepada Allah SWT agar Adikku di beri kesembuhan, namun aku hanya berusaha, ketika aku tiba di rumah, didepan pintu sudah banyak orang, tak dapat kutahan aku lari masuk kedalam rumah, kulihat ibuku menangis, aku langsung menghampiri dan memeluk ibuku, sambil tersendat sendat ibuku bilang sama aku: “Dhi, adikkmu bisa ucapkan dua kalimat Syahadah diakhir hidupnya “..Tak dapat kutahan air mata ini…

Setelah selesai acara penguburan dan lainnya, iseng aku masuk kamar adikku dan kulihat Diary diatas mejanya. Diary yang selalu dia tulis, diary tempat dia menghabiskan waktunya sebelum tidur kala kulihat sewaktu almarhumah adikku masih hidup, kemudian kubuka selembar demi selembar, hingga tertuju pada satu halaman yang menguak misteri dan pertanyaan yang selalu timbul di hatiku.

Perubahan yang terjadi ketika adikku baru pulang dari rumah Abu Khoiri. Disitu kulihat tanya jawab antara adikku dan istri dari tetanggaku, isinya seperti ini :

Annisa : {Aku berguman, wajah wanita ini cerah dan bersinar layaknya bidadari) Ibu, wajah ibu sangat muda dan cantik.

Istri tetanggaku : Alhamdulillah, sesungguhnya kecantikan itu datang dari lubuk hati.

Annisa : Tapi ibu kan udah punya anak enam, tapi masih kelihatan cantik.

Istri tetanggaku : Subhanallah, sesungguhnya keindahan itu milik Allah SWT dan bila Allah SWT berkehendak, siapakah yang bisa menolaknya.

Annisa : Ibu, selama ini aku selalu disuruh memakai jilbab oleh ibuku, namun aku selalu menolak karena aku pikir nggak masalah aku nggak pakai jilbab asal aku tidak macam macam dan kulihat banyak wanita memakai jilbab namun kelakuannya melebihi kami yang tidak memakai jilbab, hingga aku nggak pernah mau untuk pakai jilbab, menurut ibu bagaimana?

Istri tetanggaku : Duhai Annisa, sesungguhnya Allah SWT menjadikan seluruh tubuh wanita ini perhiasan dari ujung rambut hingga ujung kaki, segala sesuatu dari tubuh kita yang terlihat oleh bukan muhrim kita semuanya akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT diakhirat nanti, jilbab adalah hijab untuk wanita.

Annisa : Tapi yang kulihat banyak wanita yang memakai jilbab yang kelakuannya nggak enak, nggak karuan.

Istri Tetanggaku : Jilbab hanyalah kain, namun hakekat atau arti dari jilbab itu sendiri yang harus kita pahami.

Annisa : Apa itu hakekat jilbab ?

Istri Tetanggaku : Hakekat jilbab adalah hijab lahir batin.
Hijab mata kamu dari memandang lelaki yang bukan mahram kamu.

Hijab lidah kamu dari berghibah (gosip) dan kesia siaan, usahakan selalu berdzikir kepada Allah SWT.

Hijab telinga kamu dari mendengar perkara yang mengundang mudharat baik untuk dirimu maupun masyarakat.

Hijab hidungmu dari mencium cium segala yang berbau busuk.
Hijab tangan-tangan kamu dari berbuat yang tidak senonoh.
Hijab kaki kamu dari melangkah menuju maksiat.

Hijab pikiran kamu dari berpikir yang mengundang syetan untuk memperdayai nafsu kamu. Hijab hati kamu dari sesuatu selain Allah SWT, bila kamu sudah bisa maka jilbab yang kamu pakai akan menyinari hati kamu, itulah hakekat jilbab.

Annisa : Ibu aku jadi jelas sekarang dari arti jilbab, mudah mudahan aku bisa pakai jilbab, namun bagaimana aku bisa melaksanakan semuanya.

Istri tetanggaku : Duhai Anisa bila kamu memakai jilbab itulah karunia dan rahmat yang datang dari Allah SWT yang Maha Pemberi Rahmat, yang Maha Penyayang, bila kamu mensyukuri rahmat itu kamu akan diberi kekuatan untuk melaksanakan amalan amalan jilbab hingga mencapai kesempurnaan yang diinginkan Allah SWT.

Duhai Anisa, ingatlah akan satu hari dimana seluruh manusia akan dibangkitkan dari kuburnya. Ketika ditiup terompet yang kedua kali, pada saat roh roh manusia seperti anai anai yang bertebaran dan dikumpulkan dalam satu padang yang tiada batas, yang tanahnya dari logam yang panas, tidak ada rumput maupun tumbuhan.

Ketika tujuh matahari didekatkan di atas kepala kita namun keadaan gelap gulita.

Ketika seluruh Nabi ketakutan.
Ketika ibu tidak memperdulikan anaknya, anak tidak memperdulikan ibunya, sanak saudara tidak kenal satu sama lain lagi, kadang satu sama lain bisa menjadi musuh, satu kebaikan lebih berharga dari segala sesuatu yang ada dialam ini.
Ketika manusia berbaris dengan barisan yang panjang dan masing masing hanya memperdulikan nasib dirinya.

Pada saat itulah manusia baru tersadar, saat keringat karena rasa takut yang amat sangat luar biasa hingga menenggelamkan dirinya, dan rupa rupa bentuk manusia bermacam macam tergantung dari amalanny.,

Ada yang melihat ketika hidupnya namun buta ketika dibangkitkan, ada yang berbentuk seperti hewan, ada yang berbentuk seperti syetan, semuanya menangis, menangis karena hari itu Allah SWT murka, belum pernah Allah SWT murka sebelum dan sesudah hari itu, hingga ribuan tahun manusia didiamkan Allah SWT dipadang mahsyar yang panas membara hingga Timbangan Mizan digelar itulah hari Yaumul Hisab.

Duhai Annisa, bila kita tidak berusaha untuk beramal dihari ini, entah dengan apa nanti kita menjawab bila kita di sidang oleh Yang Maha Perkasa, Yang Maha Besar, Yang Maha Kuat, Yang Maha Agung, Allah SWT. Di Yaumul Hisab nanti! Di Hari Perhitungan nanti!!

Sampai disini aku baca diary nya karena kulihat, berhenti dan banyak tetesan airmata yang jatuh dari pelupuk matanya, Subhanallah, kubalik lembar berikutnya dan kulihat tulisan, kemudian kulihat tulisan kecil di bawahnya: buta, tuli dan bisu, wanita yang tidak pernah melihat lelaki selain mahramnya.

Wanita yang tidak pernah mau mendengar perkara yang dapat mengundang murka Allah SWT, wanita yang tidak pernah berbicara ghibah, ghosib dan segala sesuatu yang mengundang dosa dan sia-sia tak tahan airmata ini pun jatuh membasahi diary.

Itulah yang dapat saya baca dari diarynya, semoga Allah SWT menerima Adikku di sisinya, Amin, Subhanallah.

Bapak-Bapak, Ibu-ibu, Saudara-Saudaraku, adik-adikku dan Anak-anakku yang dimuliakan oleh Allah SWT. Khususnya kaum hawa. Saya mengharap kisah nyata ini bisa menjadi iktibar, menjadi pelajaran bagi kita , bagi putri-putri kita semua. Semoga meresap dihati yang membacanya dan semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk, memberi Rahmat, hidayah bagi yang membaca dan menghayatinya.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan iman kita untuk menjalankan (memenuhi) segala perintah-Nya dan menjauhi segala apa-apa yang dilarang-Nya, dan mendapat derajat takwa yang tinggi, selamat didunia sampai di akhirat nanti, mendapat pertolongan dan syafa’at di hari yaumul hisab dan mendapat surga yang tinggi, aamiin.

Bila anda mau beramal saleh, sampaikan kisah diatas kepada muslimah yang lainnya, supaya menambah iman dan taqwa mereka, insya Allah.

Wallahu a'lam bishshawab,
… Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci

SUAMI LADANG AMAL BAGI ISTRI

mawadah wa rohmah


SUAMI ADALAH LADANG AMAL BAGI ISTRI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم، الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وصحبه أجمعين، أما بعد ...

Seorang Isteri Sholehah pasti mencari jalan apa saja yang membuat dirinya mendapatkan ridha dan pahala dari sang Khalik sehingga dia berhasil menjadi insan yang patut masuk surga sholeh, selamat di dunia dan akhirat, salah satu jalan untuk mendapatkan pahala yang banyak, seorang isteri bisa dari jalan suaminya.

Wahai Isteri...
Suamimu adalah ladang yang subur untuk meraih surga Allah سبحانه و تعالى .

Maka manfaatkanlah ladang itu sebaik-baiknya seperti halnya bercocok tanam; sehingga dirimu dapat memetik hasilnya kelak di akhirat.

Rasululullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda:

“إِذَا صَلَّتْ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا؛ قِيلَ لَهَا ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ”.
“Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”.

(HR. Ahmad dari Abdurrahman bin ‘Auf radhiyallahu’anhu dan dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albany).

Dalam sebuah keterangan dikisahkan bahwa seorang wanita datang kepada Rasululullah shallallahu’alaihiwasallam untuk suatu keperluan. Setelah selesai, Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bertanya, “Apakah engkau memiliki suami?”. “Ya” jawabnya. “Bagaimana sikapmu padanya?” sambung beliau. “Aku selalu melayaninya kecuali dalam hal yang tidak kumampui” jawabnya. Beliau bersabda,

“انْظُرِي أَيْنَ أَنْتِ مِنْهُ؛ فَإِنَّهُ جَنَّتُكِ وَنَارُكِ”.
“Perhatikan baik-baik bagaimana kedudukanmu di sisinya.Karena ia adalah surgamu atau nerakamu!”.

(HR. Ahmad dari Hushain bin Mihshan dan dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albany).

Selain suami, ladang amal yang bisa menjadi jalan surga bagi seorang isteri adalah anak.

Anak-anak kita merupakan ladang amal yang sangat istimewa.

Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam bersabda,

“إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ؛ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ”.
“Jika seorang manusia mati, maka terputuslah seluruh amalannya kecuali tiga; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak salih yang selalu mendoakannya”.

(HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu).

Sebaiknya bagi semua isteri, janganlah disia-sia kan suamimu dan anakmu, sungguh jelas dari hadits diatas bahwa banyak pahala yang bisa dipetik dengan melayani suami dan anak.

Janganlah memiliki alasan karena sibuk banyak pekerjaan lain, capek dengan berbagai kegiatan, malas atau tanpa mendapatkan imbalan, sungguh apabila segala pelayanan terhadap suami dan anak itu ikhlas semata-mata ibadah kepada Allah سبحانه و تعالى , maka berbondong-bondong pahala menyelimuti isteri sholehah dan Allah janjikan Surga sebagai balasannya di akhirat kelak.

Betapa beruntungnya menjadi seorang Isteri Sholehah. Ia dapat dengan mudah mendapatkan balasan pahala yang besar dari Allah سبحانه و تعالى karena ketaatan dan pengabdiannya kepada suami.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

"Jika seorang wanita (isteri) melayani suaminya sehari semalam dengan baik hati, ikhlas serta dengan hati yang benar, maka Allah akan mengampuni segala dosanya dan akan dicatat untuknya dari setiap helai bulu dan rambut yang ada pada tubuhnya dengan seribu kebaikan dan dikaruniakan seribu pahala haji dan umroh." (HR. Abu Daud)

Dalam riwayat lain Beliau juga bersabda :

"Ketika seorang suami pulang ke rumah, kemudian sang isteri menyambutnya dengan sebuah senyuman, dan bersegera menjulurkan tangannya untuk mengambil tangan suaminya, maka dosa-dosa mereka berdua berguguran sebelum kedua tangan mereka terlepaskan." (H.R. Abu Daud)

Indah kan Ukhty?
Mudah-mudahan kita semua bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-sehari ϑαℓαм berumah Tangga.

Untuk Ukhty yang masih lajang, semoga bisa menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat untuk bekal nanti jika sudah bersuami.

آمــــــــــــــــــين آللّهُمَ آمِين

Semoga anda sebagai isteri menjadi isteri yang sholehah.Dan anda para suami,mendapatkan pasangan hidup yang Allah berikan kelayakan sebagai penghuni surga,

أمـــــين يَآاللّهُ رَبَّ آلْعَلَمِيّنْ أمِينْ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينْ آمـــــين... اللهم تقبل هذا الدعاء... ومنك الاجابة

"Dan Semoga pesan & Nasehat Ini Dapat Mengambil Pengetahuan Yang Bermanfaat & Bernilai Ibadah Agar Kita Semua Dapat Menghiasi Hati Kita Dengan Keindahan Iman & Kemuliaan Akhlak Didunia Sampai Akhirat"

آمــــــــــــــــــين يا رب العالمين آمِينْ يَا مُجِيبَ السَّائِلِينْ

Jual Hijab Syar'i Khimar Maxi

Hijab Syar'i


Khimar Maxi
Dengan 1 khimar, terlahir kreasi yang maximal

Gak percaya ?
Makanya coba dulu ,pasti ketagihan deh !!

Khimar maxi
Bahan cerruti creepe
Diameter 140x140cm
Harga 100.000 1 khimar

Simple to order dengan memformat
Nama - alamat lengkap - no tlp -pesanan
Silah Hub :
Wa / sms -> 085778005338
Bbm -> 29308dbd
Tlp -> 089614734509
cod -> 085778005332

Cara pembayaran
Jauh via tf
Dekat bisa cod yah

Jual Gamis GALERY PUTIH

GALERY PUTIH





GALERY PUTIH

Bahan : ceruti full furing
Model kerah V
Bisa untuk busui
Ada kancing dan pengeras dibagian gelang tangan
Size : Allsize
Ld : 100cm
Pj : 140cm
Maxi tinggi badan 165cm
Harga 225.000

SHINE BERRY hitam-putih

Bahan : ceruti dgn pelapis furing
Size M sesiku L sepergelangan
Harga : M 120rb L 140rb

Note : boleh order 1 shet dan boleh terpisah
Special harga 1 shet jadi 335.000

CARA PEMESANAN sangat mudah
Isi biodata dibawah

Nama :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan :

Seperti
Nama : ivat
Alamat : jln KH.Ashari roxymas
No tlp : 085778005338
Pesanan : 1 shet galery putih+shine berry

Sesudah itu langsung aja kirim ke
085778005338 / bbm 29308dbd

Yuk.. Yuk.. Order sekaang danikut pengirman besok

"Sama-sama Rido adalah tujuan kami "

Jual Gamis GALERY TOSCA

Jual Gamis Syar'i

GALERY TOSCA

Bahan : cerutifull furing
Size : 1 size hanya allsize
Ld : 100cm
PJ : 140cm
Maximal TB 165cm
Harga : 225.000

Cara pemesanan
Format pesan

Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan :

Example :
Nama : ipat patmawati
Alamat : Rangkasbitung,banten
Xxxxxxxx
No tlp : 085778005338
Pesan : galery tosca 5pcs

Sesudah di isi jangan lupa yah,kirim datanya ke kontak dibawah
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd
Follow @AlilaJkta

Sama sama Ridho adalah tujuan kami

Jual Gamis Syar'i Galery Caramel

Jual Hijab Syar'i


Galery Caramel

Bahan : cerruti full furing
Model kerah V
Model gamis rempel keliling/tumpuk
Terdapat pengeras dan kancing di bag tangan
Size : Allsize only
Ld : 100cm
Pj : 140cm
Harga : 225.000

Order sekarang yuk karna stocknya terbatas

Cara pemesanan
Format pesan :
Nama :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan :

Info dan pemesanan
Silahkan hubungi
0857-7800-5338
Bbm 293085bd
Follow @AlilaJkt

"Sama-sama Ridho adalah tujuan kami "

Jual Hijab Syar'i Bergo Instan

Jual Hijab Syar'i






Taraa....

Hadirr nih !!
Bergo instan tanpa topi,
Simple dan nyaman dipakai kemanapun

Shine berry L
Warna : orange bata combinasi ungu
Bahan :cerruti
2 bahan 2 warna yang berbeda
Size L sepergelangan
Harga : 140.000

Order sekarang juga yukk kak

Ikut format pemesanan
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : shine berry ungu-orange L

Fast response
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd

Cara pembayaran
Via transfer

Happy shopping kaka

Aug 30, 2014

Jual Hijab Syar'i Manisqu

Jual Hijab Syar'i






Biru tosca#Manisqu

Bahan : manisse
Size :
S ld 94 pj 136
M ld 100 pj 138
L ld 106 pj 140

Harga
*gamis 225.000
*bergo 130.000
*gamis + bergo 345.000

Yukk ikut format pemesanan
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : birtos manisqu-ukuran apa

Fast Response
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd

Produk by Adzkia Hijab syar'i

Jual Hijab Berry Perdana






Berry perdana ( Tosca Berry / tosca-coklat )

Bahan : woolpeach 2 bahan 2 warna
Bisa dipakai bolak balik
Model pakai pet/topi
Ada sedikit jahitan dari dagu
Warna : tosca/ biru -coklat
Size : M sesiku L sepergelangan
Harga : M 129rb L 149rb (belum trmsk ongkir)

Berry perdana nyaman dipakai setiap saat
Kalau sudah pakai berry wah enggan untuk melepasnya

Mau pakai berry ?
Order sekarang juga !!

Cara pemesanan
Format pesan mencakup
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan ukuran dan warna :

Info dan pemesanan
Silahkan hubungi
Ivat di 085778005338
Add pin:29308DBD
Follow @AlilaJkt
Fp : Hijab senyum

Cara pembayaran yaitu dengan transfer jumlah nominal sesuai akaq jual beli
Tf ke BCA 5450322433 a/n ipat patmawati
Buat pengguna bank selain bca , haraf untuk memasukan kode bank yaitu " 014 "

Terimakasih kaka semua yang sudah percaya order di Hijab Senyum, semoga Alloh Ridho.. Aamiin

Jual Hijab Syar'i

Jual Hijab Syar'i






Yuk pakai berry'nya kaka ..
Pasti tambahcantik

Berry perdana
Banyak pilihan warna nih kak
Manis manis warnanya

Kett :
Bahan : wolvis
Serat kain lembut,tebal,jatuh,mudah disetrika.. Nyaman dipakai kapan saja ! Gak percaya ? Buktikan dengan order sekarang juga :!
Size M sesiku. L sepergelangan
Harga : M 129rbL 149
Model bergo dengan topi dan ada jahitan sdkt dari dagu

Beli satu berry seperti punya 2 berrySatu berry 2 fungsi bisa dipakai
Lapisan pertama dan ke duanya bisa dipakai bergantia
Bosen dengan warna satunya, ganti dengan warna keduanya
SubhannAlloh berry ini memang solusi syar'i u/ muslimah
Yukk pakai berrynya kaka

Cara pemesanan format pesan :
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan no berapa

Info dan pemesanan silahkan hub :
Ivat 085778005338
Add my pin. 29308dbd

Cara pembayaran
Transfer ke rek BCA 5450322433 a/n ipat patmawati
Jika Beda bank harap memasukan kode bank BCA " 014 "

Sama sama ridho adalah tujuan kami

Jual Khimar Wool Peach

Syar'i








Khimar woolpeach polos

Khimar segiempat polos berbahan woolpeach dengan kwalitas terbaik dari solo
Woolpeach memiliki serat kain yang sangat lembut,adem dipakai,tebal,jatuh,mudah disetrika, kalo dipakai tanpa ciput topi masih rapi gak goyang kanan ke kiri
Pokoknya kalo udh pake khimar woolpeach ini ,gak mau lepas deh.. Karna saking nyamannya
Hehe

Ada ready nih kak dari jakarta

Size 130x130cm sesiku tetap ntup bagian depan dan belakang
*biru langit
*salem

Size 150x150cm jumbo panjang,lebar deh pokoknamah
*salem
*dustupink
*putih beresih
*babypink
*coklat tua/kopi

Yang dijakarta. Hayuu merapat. Kaka, lumayan ngirit ongkir

info dan pemesanan silahkan untuk menghubungi
Ivat 085778005338
Add my pin. 29308dbd

Syukhraan kaka cantik.. Ditunggu orderannya yah kaka

Sama sama ridho adalah tujuan kami
— bersama Erna Kurniasih dan 2 lainnya.

Jual Hijab Rosse Berry







Bingung mau belanja hijab syar'ii online dimana ?
Hijab Senyum solusinya

Rosse berry asli cantiik bangett kak, aku ajah sampe ngiler tiap hari,

Warna sama bahannya MasyaAlloh
Bagus deh pokonya,apalgi kalo kaka kaka semua yang Pake tambah cantik ajj tuh

Yukk atuuh segera order kaka Rosseberrynya

Model bergo syar'i dengan topi dan ada jahitan dari dagu sdkt.

Bahan woolpeach lembut,jatuh,adem

Size M 129rb, L 149rb

Info dan pemesanan mangga kaka, langsung gerakan jari jemarinya untuk hubungi ivat
Gak galak kok kaka jangan sungkan2,jangan malu2

Sms/wa/tlp : 085778005338 khusus akhwat
Add my pin 29308dbd

Salam ukuwah islami kaka

Jual Khimar Maxy

Jual Hijab Syar'i






Kaka cantik..
Ayo beli khimarmaxinya ,cantik deh 100.000 ajj kaka belum trmsuk ongkir yah

Assalamu'alaikum kaka cantik nan shalihah
dunia wal akherat

Belanja Hijab syar'I yukk di "Hijab Senyum "
Ada khimar maxi nih kak cantik deh, dan syar'ii

Khimar maxy satu khimar kreasinya maximal
Beli 1 maxi berasa punya 2 maxi
Bahan : cerruti Creepe
Size : 140x140cm
Harga : 100.000
Warna : hijau telor asin-ungu tuanya manis bangett kak
Model khimar segi empat
Yuk berimajinasi !
Khimar segi empat dua bahan dijjdkan 1 bahan dengan warna yg berbeda ? Penasaran yah ? Hehee
Begini kaka
Jadi disini khimar segiempat terbagi dalam 2 lapisan warna
Sekotak kain lapisan kanan warna ungu tua,lapisan kiri hijau telor asin.
Jika dilipat dia kayak belang2 gtuh, separoh wrna ungu,separoh warna hijau.
Dan gak hanya sampai disitu, dengan pakai khimar maxi, kaka 2 bisa tampil semaximal mungkin dengan 1 khimar bisa menghasilkan beribu2 kreasi yg maximal.

Cara pemesanan
Format pesan harus Mencakup :
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : khimar maxi hijau-ungu tua 5pcs

Info dan pemesanan bisa langsung hub :
Ivat 085778005338 (sms/wa)
Invite pin:29308DBD

Cara pembayaran transfer ke rek
BCA 5450322433. A/n ipat patmawati
Jika beda bank pakailah kode bank bca "014"
Kena charge 5rb.
Atau bisa datang langsung ke Bank BCA terdekat untuk setoran tunai ke rek diatas tanpa ada biaya (free numpang tf)

Note : jika transferan dari kaka sudah masuk di rek kami,insyaAlloh barang bisa langsung dikirim pada hari yg sama (selama jne buka dan tdk ada kendala apapun)

Itu saja duku kaka
Selamat berbelanja yah di Hijab Senyum

Sama sama Ridho adalah tujuan kami

Jual Gamis Shiffon Ungu Pupus

Jual Hijab Syar'i





Gamis shiffon ungu pupus

Bahan : shiffon frame tebal yah full furing
Warna : ungu pupus manis
Size : S Ld 94 pj 136
Harga : 180.000
Model depan silang /kerah V
Produk : Adzkia Hijab

Ikut format pemesanan yuk kak
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : gamis shiffon ungu pupus S

Kirim ke 085778005338 / bbm 29308dbd

Jual Hijab Khimar Maxi Manis

Jual Hijab Syar'i





Taraaaaa....
Aku punya Khimar maxi manis dan kalem warnanya

Khimar segiempat
Bahan : cerruti creepe
Size : 140x140cm
Harga : 100.000
Warna : ping fanta -coksu

Yukk ikut format pemesanan berikut
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : khimar maxi pink fanta-coksu 2pcs

Info dan pemesanan hub :
Sms/wa: 085778005338
Add my pin:29308DBD

Cara pembayaran transfer ke rek BCA
Kami,nanti dikasih

Ayo belanja hijab syar'I di " Hijab Senyum "

Jual Hijab Manisqu Merah Hati

Jual Hijab Syar'i







Kaka ayuk ah pake gamis manisqu
Di hijab senyum

Taraa.....
Manisqu Merah hati ready nih kak
Produk : Adzkia Hijab syar'i

Bahan : manisse
Sejenis wolvis namun manisse lebih tebal dan lembut,wolvis aj udah lembut,gimana lembutnya manisse ?
Heheee cantik dan bagus deh
Size : S ld 94 pj 136
Harga : 225.000 ( hanya gamis ) blm ongkir
Model : kancing depan

Yukk ikut format pemesanan
Nama :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan : manisqu merah size S

Info dan pemesanan hub :
Sms/wa : 085778005338
Add my pin 29308dbd

Cara pembayaran transfer ke rek BCA 5450322433 a/n ipat patmawati
Jika beda bank gunakan kode " 014"kena charge 5000
Buat yg belum. Pegang atm, bisa datang langsung ke BANK BCA terdekat. Bebas biaya adm

Happy shopping di Hijab Senyum yah kaka..
Sama sama ridho adalah tujuan kami

Jual Hijab Salem Manisqu



Taraa....
Salem manisqu

Bahan : manisse
Lembut dan tebal melebihi kain wolvis
Size : M
Ld : 100cm
Pj : 138
Model kancing didepan
Ada kantong saku di kanan
Harga : only gamis 225.000 blm ongkir

Ayo kaka ikut format pemesanan skrg yukk,karna stock gamis terbatas

Nama :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan : salem manisqu M

Fast Response
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd

Cara pembayaran
Transfer dulu baru barang dikirim

Yukk belanja hijab syar'i di "Hijab senyum"

Jual Kaos Kaki Syar'i



Yuk pakai kaos kaki kaka

Assalamu'alaikum kaka ..

Belanja lagi yuk di "Hijab Senyum"
Sama sama ridho adalah tujuan kami

Tara....
Ada kaos kaki jempol panjang motif batik nih kak ..

Harga losinan 120.000 (mix warna trgntung dari pabrik)
Harga eceran 15.000

Yukk ikut format pemesanan
Nama lengkap :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan : kaos kaki motif batik 5pcs, warna apa aj.

Fast Response
Sms/wa : 085778005338
Bbm 29308dbd

Cara pembayaran
Via transfer

Happy shopping kaka
Dihijab Senyum

Jual Hijab Coco berry Hijab






Coco berry ( coklat - ungu magenta )

Bahan : woolpeach
2 bahan 2 warna bisa dipakai bolak balik yah kaka
Beli 1 berry berasa punya 2 berry

Size : L sepergelangan
Harga : 149.000 blm ongkir

Yuk ikut format pemesanan
Nama :
Alamat :
No tlp :
Pesanan : cocoberry L

Fast Response
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd

Cara pembayaran
Via transfer

Happy shopping yah kaka
Sama sama ridho adalah tujuan kami

Jual Hijab Black Berry


Black berry ( bergo dengan topi )
Black berry ( hitam combinasi Abu )

Bahan : woolpeach
2 bahan 2 warna yang berbeda dikedua sisi, bisa dipakai bolak balik yah kak
Beli 1 berasa kaya punya 2 berry

Size : L sepergelangan tangan
Harga : L 149.000 blm ongkir

Mau,mau,mau.. ?
Yukk ikut pengiriman hari ini dengan memformat
Nama lengkap :
Alamat lengkap :
No tlp :
Pesanan : blackberry L hitam-abu

Fast Response
Sms/wa : 085778005338
Bbm : 29308dbd

Cara pembayaran :
Via transfer

Happy shopping kaka di hijab senyum


Jual Khimar Alila

Jual Hijab Syar'i
Khimar Alila

Size 110x100
Bahan : double hicon (bolak balik)
Warna : orange bata - hitam
Rp. 70.000

Yuk ikut format pemesanan sekarang juga
Nama - alamat lengkap - no tlp

Info dan pemesanan
Sms/wa : 085778005338
Bbm 29308dbd

Cara pembayaran via transfer
Pengiriman via tiki jne

Yuk yuk.. Buruan order skrg jga !!

Jual Bergo Shine

Jual Hijab Syar'i

Bergo shine tanpa topi

Nyaman dan praktis

Shine berry namanya
Bahan cerruti
2 bahan 2 warna yg berbeda
Jadi bisa dipakai bolak balik
Beli 1 shine berry berasa punya 2 shine berry

Model bergo tanpa pet/topi ada sedkt jahitan dari dagu

Size L sepergelangan ,menutup bagian depan dan belakang.

Warna orange bata combi ungu
Harga 140.000

Mau..mau..mauuu ?
Order sgra kaka ikut pengiriman besuk yukk

Cara pesan
Format mencakup
Nama - alamat lengkap -no tlp -pesanan

Info dan pemesanan hub :
085778005338
Add my pin 29308dbd

Cara pembayaran via transfer

Yukk berhijrah ukhtii..
Mnjdi lebih syar'i

TERJEMAH BAHASA INDONESIA NASHOIHUL ‘IBAD

Alhamdulillah, dan pada akhirnya setiap santri maupun orang awam pun bisa mengkaji kitab yang sangat populer karangan  Al Alim Alamah Syaikhina Nawawi Al Bantany. Semoga denga sajian Kitab Kuning Nashoihul Ibad Versi Terjemahan ini bisa dirasakan semua kalangan, Khususnya umat Islam. Amin... Yaa Robbal ‘alamin.

Bismillahirahmanirahim, Qola Mu'alif Rohimakumullah Wa'anfaana Fi 'ulumihi Fidaroini Amin.

Maqolah 1

Diriwayatkan dari Nabi SAW, sesungguhnya Beliau bersabda (Ada dua perkara, tidak ada sesuatu yang lebih utama dari dua perkara tersebut, yaitu iman kepada Allah dan berbuat kebajikan kepada sesama muslim). Baik degan ucapan atau kekuasaannya atau dengan hartanya atau dengan badannya.
RasuuluLlah SAWW bersabda, (barang siapa yang pada waktu pagi hari tidak mempunyai niat untuk menganiaya terhadap seseorang maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barang siapa pada waktu pagi hari memiliki niat memberikan pertolongan kepada orang yang dianiaya atau memenuhi hajat orang islam, maka baginya mendapat pahala seperti pahala hajji yang mabrur).
Dan Nabi SAW bersabda (Hamba yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Dan amal yang paling utama adalah membahagiakan hati orang mukmin dengan menghilangkan laparnya, atau menghilangkan kesusahannya, atau membeyarkan hutangnya. Dan ada dua perkara, tidak ada sesuatu yang lebih buruk dari dua tersebut yaitu syirik kepaad Allah dan mendatangkan bahaya kepada kaum muslimin).
Baik membahayakan atas badannya, atau hartanya. Karena sesungguhnya semua perintah Allah kembali kepada dua masalah tersebut. Mengagungkan Allah dan berbuat baik kepada makhluknya, sebagaimana firman Allah Ta’ala Dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan firman Allah Ta’ala Hendaklah kamu bersyukur kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu.

Maqolah 2

Nabi SAW bersabda, (wajib bagi kamu semua untuk duduk bersama para ‘Ulama) artinya yang mengamalkan ilmunya, (dan mendengarkan kalam para ahli hikmah) artinya orang yang mengenal Tuhan.
(Karena sesungguhnya Allah Ta’ala akan menghidupkan hati yang mati dengan cahaya hikmah-ilmu yang bermanfaat- sebagaimana Allah menghidupkan bumu yang mati dengan air hujan). Dan dalam riwayat lain dari Thabrani dari Abu Hanifah “Duduklah kamu dengan orang dewasa, dan bertanyalah kamu kepada para ‘Ulama dan berkumpulah kamu dengan para ahli hikmah” dan dalam sebuah riwayat, “duduklah kamu degan para ulama, dan bergaulah dengan kubaro’ ”. Sesungguhnya Ulama itu ada dua macam, 1. orang yang alim tentang hukum-hukum Allah, mereka itulah yang memiliki fatwa, dan 2. ulama yang ma’rifat akan Allah, mereka itulah para hukama’ yang dengan bergaul dengan mereka akan dapat memperbaiki akhlak, karena sesungguhnya hati mereka telah bersinar sebab ma’rifat kepada Allah demikian juga sirr / rahasia mereka telah bersinar disebabkan nur keagungan Allah. Telah bersabda Nabi SAW, akan hadir suatu masa atas umatku, mereka menjauh dari para ulama dan fuqaha, maka Allah akan memberikan cobaan kepada mereka dengan tiga cobaan, 1. Allah akan menghilangkan berkah dari rizkinya. 2. Allah akan mengirim kepada mereka penguasa yang zalim 3. Mereka akan keluar meninggalkan dunia tanpa membawa iman kepada Allah Ta’ala Na’udzubiLlahi min dzaalik.

Maqolah 3

Dari Abi Bakar As-Shiddiq RA (Barang siapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal shalih maka keadaannya seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu). Maka sudahlah pasti ia akan tenggelam dengan se tenggelam-tenggelamnya dan tidak mungkin akan selamat kecuali mendapatkan pertolongan oleh orang-orang yang dapat menolongnya.. sebagaimana sabda Rasulullah SAW, tidaklah seorang mayat yang meninggal itu, melainkan seperti orang yang tenggelam yang meminta pertolongan.

Maqolah 4

Dari ‘Umar RA, -dinukilkan dari Syaikh Abdul Mu’thy As-sulamy, sesungguhnya Nabi SAW bertanya kepada Jibril AS, ‘Beritahukan kepadaku sifat kebaikan sahabat ‘Umar’. Maka Jibril menjawab, ‘Jika saja lautan dijadikan tinta dan tumbuh-tumbuhan dijadikan pena niscaya tidak akan uckup melukiskan sifat kebaikannya. Kemudian Nabi bersabda, beritahukan kepadaku kebaikan sifat Abu Bakar,”. Maka Jibril menjawab, ”’Umar hanyalah satu kebaikan dari beberapa kebaikan Abu Bakar RA.
‘Umar RA berkata, (kemuliaan dunia dengan banyaknya harta. Dan kemuliaan akhirat adalah dengan bagusnya amal). Maksudnya, urusan dunia tidak akan lancar dan sukses kecuali dengan dukungan harta benda. Demikian pula perkara akhirat tidak akan menjadi sempuran kecuali dengan amal perbuatan yang baik.

Maqolah 5

Dari ‘Utsman RA. (menyusahi dunia akan menggelapkan hati. Dan menyusahi akhirat akan menerangkan hati). Artinya, menyusahi urusan yang berhubungan dengan urusan dunia maka akan menjadikan hati menjadi gelap. Dan menyusahi perkara yang berhubungan dengan urusan akhirat akan menjadaikan hati menjadi terang. Yaa Allah jangan jadikan dunia sebesar-besar perkara yang kami susahi, dan bukan pula puncak ilmu kami.

Maqolah 6

Dari ‘Aly RA wa KarramaLlaahu Wajhah. (Barang siapa yang mencari ilmu maka surgalah sesungguhnya yang ia cari. Dan barang siapa yang emncari ma;siyat maka sesungguhnya nerakalah yang ia cari) Artinya barang siapa yang menyibukkan diri denagn mencari ilmu yang bermanfaat, yang mana tidak boleh tidak bagi orang yang aqil baligh untuk mengetahuinya maka pada hakekatnya ia mencari surga dan mencari ridho Allah SWT. Dan barang siapa yang menginginkan ma’siyat, maka pada hakekatnya nerakalah yang ia cari, dan kemarahan Allah Ta’ala.

Maqolah 7

Dari Yahya bin Muadz RA. (Tidak akan durhaka kepada Allah orang-orang yang mulia) yaitu orang yang baik tingkah lakunya Yaitu mereka yang memuliakan dirinya dengan menghiasinya dengan taqwa dan menjaga diri dari ma’siyat. (Dan tidak akan memilih dunia dari pada akhirat orang-orang yang bijaksana) Artinya orang bijak / hakiim tidak akan mendahulukan atau mengutamakan urusan dunia dari pada urusan akhirat. Adapun orang hakiim adalah orang yang mencegah dirinya dari pada bertentangan dengan kebenaran akal sehatnya.

Maqolah 8

Dari A’Masy, naam lengkapnya adalah Abu Sulaiman bin Mahran AL-Kuufy RA. (Barang siapa yang bermodalkan taqwa, maka kelulah lidah untuk menyebutkan sifat keberuntungannya dan barang siapa yang bermodalkan dunia, maka kelulah lidah untuk menyebut sebagai kerugian dalam hal agamanya). Artinya barang siapa yang bermodalkan taqwa dengan melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya dimana dasar dari amal perbuatannya adalah selalu bersesuaian dengan syari’at, maka baginya pasti mendapatkan kebaikan yang sangat besar tanpa dapat dihitung dalam hal kebaikan yang diperolehnya.
Dan kebalikannya barang siapa yang perbuatannya selalu berseberangan dengan hukum syari’at, maka baginya kerugian yang sangat besar bahkan lidahpun sampai tidak dapat menyebutkannya.

Maqolah 9

Diriwayatkan dari Sufyan Atsauri, beliau adalah guru dari Imam Malik RA. ( Setiap ma’siyat yang timbul dari dorongan syahwat yaitu keinginan yangteramat sangat akan sesuatu maka dapat diharapkan akan mendapat ampunanNya. Dan setiyap ma’siyat yang timbul dari takabur atau sombong yaitu mendakwakan diri lebih utama atau mulia dari yang lain , maka maksiyat yang demikian ini tidak dapat diharapkan akan mendapat ampunan dari Allah). Karena maksiyat iblis berasal dari ketakaburannya yang tidak mau hormat kepada Nabi Adam AS atas perintah Allah dimana ia menganggap dirinya lebih mula dari Nabi Adam AS yang diciptakan dari tanah sedangkan ia/iblis diciptakan dari api. Dan sesungguhnya kesalahan Nabi
Adam AS adalah karena keinginannya yang teramat sangat untuk memakan buah yang dilarang oleh Allah untuk memakannya.

Maqolah 10

Dari sebagian ahli zuhud yaitu mereka yang menghinakan kenikmatan dunia dan tidak peduli dengan nya akan tetapi mereka mengambil dunia sekedar dharurah/darurat sesuai kebutuhan minimumnya. (Barang siapa yang melakukan perbuatan dosa dengan tertawa bangga, maka Allah akan memasukkannya ke dalam neraka dalam keadaan menangis- karena seharusnya ia menyesal dan memohon ampunan kepada Allah bukannya berbangga hati. Dan barang siapa yang ta’at kepada Allah dengan menangis- karena malu kepada Allah dan Takut kepadaNya karena merasa banyak kekurangan dalam hal ta’at kepaadNya Maka Allah akan memasukkanNya ke dalam surga dalam keadaan tertawa gembira. ) dengan sebenar-benar gembira karena mendapatkan apa yang menjadi tujuannya selama ini yaitu ampunan dari Allah.
Maqolah 11 Maqolah ke sebelas : dari sebagian ahli hikmah / Aulia’ (Janganlah kamu menyepelekan dosa yang kecil) kerana dengan selalu menjalankannya maka lama kelamaa akan tumbuhlah ia menjadi dosa besar. Bahkan terkadang murka Tuhan itu ada pada dosa yang kecil-kecil.

Maqolah 12

Dari Nabi SAW : (Tidaklah termasuk dosa kecil apabila dilakukan secara terus menerus) karena dengan dilakukan secara terus menerus, maka akan menjadi besarlah ia. (Dan tidaklah termasuk dosa besar apabila disertai dengan taubat dan istighfar) Yaitu taubat dengan syarat-syaratnya. Karena sesungguhnya taubat dapat menghapus bekas-bekas dosa yang dilakukan meskipun yang dilakukan tersebut dosa besar. Hadits ini diriwayatkan oleh Ad-dailamy dari Ibni Abbas RA.

Maqolah 13

(Keinginan orang arifiin adalah memujiNya) maksudnya keinginan orang ahli ma’rifat adalah memuji Allah Ta’ala dengan keindahan sifat-sifatnya. (dan keinginan orang-orang zuhud adalah do’a kepadaNya) yaitu permintaan kepaad Allah sekedar hajat kebutuhannya dari du nia dengan segenap hatinya, dimana yang dimaksud do’a adalah meminta dengan merendahkan diri kepadaNya dengan memohon diberi kebaikan kepadanya. (Karena keinginan orang arif/ ahli ma’rifat dari Tuhannya bukanlah pahala ataupun surga) sedangkan keinginan orang zuhud adalah untuk kepentingan dirinya sendiri, yaitu untuk kemanfatan dirinya dari pahala dan surga yang didapatkannya. Maka demikianleh perbedaan orang yang keinginan hatinya mendapatkan bidadarii dan orang yang cita-citanya adalah keterbukaab hatinya.

Maqolah 14

(diriwayatkan dari sebagian hukama’) yaitu orang yang ahli mengobati jiwa manusia, dan mereka itulah para wali Allah. -(Barang siapa yang menganggap ada pelindung yang lebih utama dari Allah maka sangat sedikitlah ma’rifatnya kepada Allah) Maknanya adalah barang siapa yang menganggap ada penolong yang lebih dekat daripada pertolongan Allah, maka maka sesungguhnya dia belul mengenal Allah. (Danbarang siapa yang menganggap ada musuh yang lebih berbahaya daripada nafsunya sendiri, maka sedikitlah ma’rifatnya/pengetahuannya tentang nafsunya) Artinya adalah brang siapa yang berperasangka ada musuh yang lebih kuat dari pada hawa nafsunya yang selalu mengajak kepada kejahatan, maka sedikitlah ma’rifatnya/pengetahuannya akan hawa nafsunya sendiri.

Maqolah 15

Dari Abu Bakar Ash-Shiddiq RA. Menafsiri firman Allah Ta’ala, “Sungguh telah nyatalah kerusakan baik di daratan maupun di lautan, maka beliau memberikan tafsirannya (Yang dimaksud Al-Barr/daratan adalah lisan.
Sedangkan yang dimaksud Al-Bahr / lautan adalah hati). Apabila lisan telah rusak dikarenakan mengumpat misalnya, maka akan menangislah diri seseorang / anak cucu adam. Akan tetapi apabila hati yang rusak disebabkan karena riya’ misalnya, maka akan menangislah malaikat. Dan diperumpamakan hati/qalb dengan lautan adalah dikarenkan sangat dalmnya hati itu.

Maqolah 16

(Dikatakan, karena syahwat maka seorang raja berubah menjadi hamba sahaya/budak) karena sesungguhnya barang siapa yang mencintai sesuatu maka ia akna menjadi hamba dari sesuatu yang dicintainya. (dan sabar akan membuat seorang hamba sahaya berumab menjadi seorang raja) karena seoang hamba dengan kesabarannya akan memperoleh apa yang ia inginkan. (apakah belum kita ketahui kisah seorang hamba yang mulia putra seorang yang mulia, putera seorang yang mulia Sayyidina Yusuf AS Ash-Shiddiq, putera Ya’qub yang penyabar, putera Ishaq yang penyayang, putera Ibrahim Al-Khalil AS dengan Zulaikha. Sesungguhnya ia zulaikha sangat cinta kepada Sayyidina Yusuf AS dan Sayyidina Yusuf bersabar dengan tipudayanya.

Maqolah 17

(Beruntunglah orang yang menjadikan akalnya sebagai pemimpin) dengan mengikuti petunjuk akalnya yang sempurna (sedangkan hawa nafsunya menjadi tahanan) (dan celakalah bagi orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai penguasanya, dengan melepaskannya dalam menuruti apa yang di inginkannya, sedangkan akalnya menjadi hambanya yaitu akal tersebut terhalang untuk memikirkan ni’mat Allah dan keagungan ALlah).

Maqolah 18

(Barang siapa yang meninggalkan perbuatan dosa, maka akan lembutlah hatinya), maka hati tersebut akan senang menerima nasihat dan ia khusyu’/memperhatikan akan nasihat tersebut. (Barang siapa yang meninggalkan sesuatu yang haram) baik dalam hal makanan, pakaian dan yang lainnya (dan ia memakan sesuatu yang halal maka akan jerniglah pikirannya) didalam bertafakur tentang semua ciptaan Allah yang menjadi petunjuk akan adanya Allah Ta’ala yang menghidupkan segala sesuatu setelah kematiannya demikian pula menjadi petunjuk akan keEsaan Allah dan kekuasaanNya dan ilmuNya. Dan yang demikian ini terjadi apabila ia mempergunakan fikirannya dan melatih akalnya bahwa Allah SubhanaHu Wata’ala yang menciptakan dia dari nuthfah di dalam rahim, kemudian menjadi segumpal darah, kemudian menjadi segumpal daging, kemujdian Allah menjadikan tulang dan daging dan urat syaraf serta menciptakan anggota badan baginya. Kemudian Alah memberinya pendengaran, penglihatan dan semua anggota badan, kemudian Allah memudahkannya keluar sebagai janian dari dalam rahim ibunya, dan memberinya ilham untuk menyusu ibunya, dan Allah menjadikannya pada awwal kejadian dengan tanpa gigi gerigi kemudian Allah menumbuhkan gigi tersebut untuknya, kemudian Allah menanggalkan gigi tersebut pada usia 7 tahun kemudian Allah menumbuhkan kembali gigi tersebut. Kemudian Allah menjadikan keadaan hambanya selalu berubah dari kecil kemudian tumbuh menjadi besar dan dari muda berubah menjadi tua renta dan dari keadaan sehat berubah menjadi sakit. Kemudian Alah menjadikan bagi hambaNya pada setiap hari mengalami tidur dan jaga demikian pula rambutnya dan kuku-kukunya manakala ia tanggal maka akan tumbuh lagi seperti semula.
Demikian pula malam dan siang yang selalu bergantian, apabila hilang yang satu maka akan disusul dengan timbulnya yang lain. Demikian pula dengan adanya matahari, rembulan, bintang-bintang dan awan dan hujan yang semuanya datang dan pergi. Demikian pula bertafakur tentang rembulan yang berkurang pada setiap malamnya, kemudian menjadi purnama, kemudian berkurang kembali. Seperti itu pula pada gerhana matahari dan rembulan ketika hilang cahayanya keudian cahaya itu kembali lagi. Kemudian berfikir tentang bumi yang
gersang lagi tandus maka Allah menumbuhkannya dengan berbagai macam tanaman, kemudian Allah menghilangkan lagi tanaman tersebut kemudian menumbuhkannya kembali. Maka kita akan dapat berkesimpulan bahwa Allah Dzat yang mampu berbuat yang sedemikian ini tentu mampu untuk menghidupkan sesuatu yang telah mati. Maka wajib bagi hamba untuk selalu bertafakur pada hal yang demikian sehingga menjadi kuatlah imannya akan hari kebangkitan setelah kematian, dan pula ia mengetahui bahwa Allah pasti membangkitkannya da membalas segala amal perbuatannya. Maka dengan seberapa imannya dari hal yang demikian yang membuat kita bersungguh-sungguh melaksanakan ta’at atau menjauhi ma’siyat.

Maqolah 19

Telah diwahyukan kepada sebagian Nabi ( Ta’atlah kepadaKu akan apa yang Aku perintahkan dan janganlah bermaksiyat kepadaku dari apa yang Aku nasehatkan kepadamu). Artinya dari nasihat yang dengannya seorang hamba akan mendapatkan kebaikan dan dengan apa yang dilarang maka seorang hamba akan tehindar dari kerusakan.

Maqolah 20

(Dikatakan sesungguhnya kesempurnaan akal adalah mengikuti apa yang diridhai Allah dan meninggalkan apa yang dimurkai Allah). artinya apa saja yang tidak seperti konsep di atas adalah kegilaan / tak berakal.

Maqolah 21

(Tidak ada keterasingan bagi orang yang mulia akhlaknya, dan tidak ada tempat yang terhormat bagi orang-orang yang bodoh ). Artinya seseorang yang bersifat memiliki ilmu dan amal maka sesungguhnyania akan dihormati diantarea manusia di mana saja berada. Oleh karena itu di mana saja berada layaknya mereka seperti di negeri sendiri dan dihormati. Sebaliknya orang yang bodoh adalah kebalikannya meskipun di negeri sendiri mereka merasa asing.

Maqolah 22

Barang siapa yang baik dalam keta’atannya kepada Allah maka dia akan terasing diantara manusia). Artinya orang yang merasa cukup dengan menyibukkan seluruh waktunya untuk ta’at kepadan Allah maka ia akan terasing diantara manusia.

Maqolah 23

(Dikatakan bahwa gerakan badan melakukan keta’atan kepada ALlah adalah petunjuk tentang kema’rifatan seseorang sebagaimana gerakan anggota badan menunjukkan / sebagai dalil adanya kehidupan di dalamnya). Artinya, bahwa ekspresi ketaatan serang hamba dalam menjalankan perintah Allah maka yang demikian itu adalah petunjuk /a dalil kema’rifatannya kepada ALlah. Apabila banyak amal ta’at maka menunjukkan bahwa banyak pula ma’rifatnya kepada Allah dan apabila sedikit ta’at, maka menunjukkan pula sedikit ma’rifat, karena sesungguhnya apa yang lahir merupakan cermin dari apa yang ada di dalam bathin.

Maqolah 24

Nabi SAW bersabda, (Sumber segala perbuatan dosa adalah cinta dunia,) dan yang dimaksud dari dumia adalah sesuatu yang lebih dari sekedar kebutuhan. (Dan sumber segala fitnah adalah mencegah / tidak mau mengeluarkan sepersepuluh dan tidak mau mengeluarkan zakat).

Maqolah 25

(Mengaku merasa kekurangan dalam melakukan ta’at adalah selamanya terpuji dan mengakui akan kekurangan / kelemahan dalam melakukan ta’at adalah tanda-tangda diteimanya amal tersebut) karena dengan demikian menunjukkan tidak adanya ujub dan takabur di dalamnya.
Maqolah 26

(Kufur ni’mah adalah tercela) maksudnya adalah dengan tidak adanya syukur ni’mat menunjukkan rendahnya nafsu. (dan berteman dengan orang bodoh) yaitu orang yang menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya padahal ia mengetahui akan keburukan sesuatu tersebut. (adalah keburukan) yaitu tidak membawa berkah . Oleh karena itu janganlah berteman dengannya disebabkan karena buruknya akhlak / keadaan tingkah lakunya karena sesungguhnya tabi’at itu dapat menular.

Maqolah 27

Disebutkan dalam syair….Wahai yang disibukkan oleh dunia Sungguh panjangnya angan-angan telah menenggelamkan mereka Bukankah mereka selalu dalam keadaan lupa – kepada Allah Hingga dekatlah ajal bagi mereka Sesungguhnya kematian datangnya mendadak Dan kubur adalah tempat penyimpanan amal.
Addailamy meriwayatkan hadits dari RasuluLlah SAW yang bersabda, “Meninggalkan kenikmatan dunia lebih pahit dari pada sabar, dan lebih berat daripada memukulkan pedang di jalan Allah. Dan tiada sekali-kali orang mahu meninggalkan kenikmatan dunia melainkan Allah akan memberi sesuatu seperti yang diberikan kepadapara Syuhada’. Dan meninggalkan kenikmatan dnia adalah dengan menyedikitkan makan dan kekenyangan, dan membenci pujian manusia karena sesungguhnya orang yang suka di puji oleh manusia adalah termasuk mencintai dunia dan kenikmatannya. Dan barang siapa menginginkan kenikmatan yang sesungguhnya maka hendaklah ia meninggalkan kenikmatan dunia dan pujian dari manusia”.
Dan Ibnu Majah telah meriwayatkan sesungguhnya RasuluLlah SAW bersabda, “Barang siapa yang niatnya adalah untuk akhirat, niscaya Allah akan mengumpulkan kekuatan baginya dan Allah membuat hatinya menjadi kaya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. Dan barang siapa yang niatnya dunia maka Allah akan menceraiberaikan segala urusannya, dan Allah menjadikan kefakiran di depan kedua belah matanya dan tiadalah dunia akan mendatanginya kecuali apa yang telah tertulis untuknya”.

Maqolah 28

Dari Aby Bakr Asy-Syibly RahimahuLlahu Ta’ala, Beliau tinggal di Baghdad, berkawan dengan Syaikh Abul Qasim Junaidy Al-Baghdady bahkan menjadi murid beliau, dan beliau hidup hingga usia 87 tahun, wafat pada tahun 334 H dan dimakamkan di Baghdad. Dimana beliau termasuk pembesar para sufi dan para ‘arif biLlah. Beliau berkata di dalam munajatnya :
Wahai Tuhanku…
Sesungguhnya aku senang
Untuk mempersembahkan kepadaMu semua kebaikanku
Sementara aku sangat faqir dan lemah
Oleh karena itu wahai Tuhanku,
Bagaimana Engkau tidak senang
Untuk memberi ampunan kepadaku atas segala kesalahanku
Sementara Engkau Maha Kaya
Karena sesungguhnya keburukanku tidak akan membahayakanMu
Dan kebaikanku tidaklah memberi manfaat bagiMu
Dan sesungguhnya sebagian orang yang mulia telah memberikan ijazah agar dibaca setelah melaksanakan shalat Jum’at 7 kali dari bait syair sebagai berikut:
Ilahy lastu lil firdausi ahla
Walaa aqway ‘ala naaril jahiimi
Fahably zallaty wahfir dzunuuby
Fa innaka ghaafirul dzanbil ‘adziimi
Wa ‘aamilny mu’aamalatal kariimi
Watsabbitny ‘alan nahjil qawwimi
(Hikayat) Sesungguhnya Syaikh Abu Bakr As-Syibly datang kepada Ibnu Mujaahid. Maka segeralah Ibnu Mujaahid mendekati As-Syibly dan mencium tempat diantara kedua mata beliau. Mmaka ditanyakanlah kepada Ibnu Mujaahid akan perbuatannya yang demikian, dan beliau berkata, “Sesungguhnya aku melihat RasuluLlah SAW di dalam tidur dan sungguh beliau SAW telah mencium Syaikh Abu Bakr As-Syibly. Ketika itu berdirilah Nabi SAW di depan as-Syibly dan beliau mencium antara kedua mataAs-Syibly. Maka aku bertanya, ‘Yaa RasuluLlah, apakah benar engkau berbuat yang demikian terhadap As-Syibly ?’. RasuluLlah SAW menjawab,
‘benar, sesungguhnya dia tidak sekali-kali mengerjakan shalat fardhu melainkan setelah itu membaca Laqad jaa a kum Rasuulum min anfusikum ‘aziizun ‘alaiHi maa ‘anittum chariisun ‘alaikum bil mukminiinarra’uufurrahiim faintawallau faqul chasbiyaLlaahu laaIlaaha Illa Huwa ‘alaiHi tawakkaltu waHuwa Rabbul ‘Arsyil ‘adziim….setelah itu dia /As-Syibly mengucapkan salam ShallaLlaahu ‘alaika Yaa Muhammad”. Kemudian aku tanyakan kepada As-Syibli mengenai apa yang dibacanya setelah shalat fardhu, maka beliau menjawab seperti bacaan tadi….

Maqolah 29

Telah berka Asy-syibly, “Apabila engkau menginginkan ketenangan bersama Allah, maka bercerailah dengan nafsumu.” Artinya tidak menuruti apa yang menjadi keinginannya. Telah ditanyakan keadaan Asy-Syibly di dalam mimpi setelah beliau wafat, maka beliau menjawab,’ Allah Ta’ala berfirman kepadaku,’Apakah engkau mengetahui dengan sebab apa Aku mengampunimu ?’
Maka aku menjawab, ‘Dengan amal baikku”.
Allah Ta’ala berfirman,’Tidak’.
Aku menjawab, ‘Dengan ikhlas dalam ubudiyahku ‘.
Allah Ta’ala berfirman, ‘Tidak’.
Aku menjawab,’Dengan hajiku dan puasaku ?’
Allah Ta’ala berfirman, ‘Tidak’.
Aku menjawab, ‘Dengan hijrahku mengunjungi orang-orang shaleh untuk mencari ilmu“.
Allah Ta’ala berfirman,’Tidak’.
Akupun bertanya, ‘Wahai Tuhanku, kalau begitu dengan apa ?“
Allah Ta’ala menjawab, ‘Apakah engkau ingat ketika engkau berjalan di Baghdad kemudian engkau mendapati seekor anak kucing yang masih kecil dan lemah karena kedinginan, dan ia emnggigil karenanya. Kemudian engkau mengambilnya karena rasa kasihan kepada anak kucing itu dan engkau hangatkan ia ?”
Aku menjawab, ‘Ya’.
Maka berfirmanlah Allah Ta’ala, ‘Dengan kasih sayangmu kepada anak kucing yang masih kecil itulah Aku menyayangimu’.

Maqolah 30

Telah berkata Asy-Syibli, “Jika engkau telah merasakan nikmatnya pertemuan (wushlah – dekat dengan Allah SWT) niscaya engkau akan mengerti rasa pahitnya perpisahan (Qathi’ah-yaitu jauh dari Allah Ta’ala) . karena sesungguhnya berjauhan dari Allah SWT merupakan siksaan yang besar bagi AhluLlah ta’ala. Dan termasuk salah satu dari do’a SAW adalah ,”Allahummarzuqny ladzatan nadzari ilaa wajhiKal Kariim, wasyauqu ilaa liqaaiK”. (Yaa Allah berikanlah kepadaku kelezatan dalam memandang wajah-Mu yang Mulia dan rasa rindu untuk bertemu dengan-Mu)

Maqolah 31

Diriwayatkan dari Nabi SAW, sesungguhnya Beliau bersabda, “Barang saiapa yang pada waktu pagi hari (memasuki waktu subuh) dalam keadaan mengadu kepada manusia tentang kesulitan hidupnya, maka seakanakan ia telah mengadukan Tuhannya. “. Sesungguhnya pengaduan selayaknya hanya kepada Allah karena pengaduan kesulitan hidup kepada Allah termasuk do’a. adapun mengadu kepada manusia menunjukkan tidak adanya ridha dengan pembagian Allah Ta’ala sebagaimana diriwayatkan dari AbdiLlah bin Mas’ud RA, telah bersabda RasuluLlah SAW, “Maukah kamu semua aku ajari sebuah kalimat yang diucapkan Musa AS ketika melintasi lautan bersama bani israil ?“. kami semua menjawab ,”Baik Yaa RasuluLlah”. RasuluLlah SAW bersabda,”Ucapkanlah kalimat ‘Allahumma laKal hamdu wa ilaiKal Musytakay wa Antal Musta’aan wa laa haula walaa quwwata illa biLlahil ‘Aliyyil ‘Adhiim” (Yaa Allah segala puji hanya untuk-Mu, dan hanya kepadamulah tempat mengadu, dan Engkaulah Penolong dan tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Dzat Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Maka berkatalah Al-A’masy, Tidaklah kami pernah meninggalkan membaca kalimat tersebut sejak kami mendengarnya dari Syaqiq Al-Asady Al kuufy.
Barang siapa pada waktu pagi hari berduka atas perkara duniawi, maka sesungguhnya ia telah marah kepada tuhannya. Artinya, barang siapa yang bersedih karena urusan dunia, sesungguhnya ia telah marah kepada Tuhannya, karena ia tidak ridha dengan qadha’ (takdir Allah) dan tidak bersabar atas cobaan-Nya dan tidak beriman dengan kekuasaan-Nya. Karena sesungguhnya apa saja yang terjadi di dunia ini adalah atas qadha Ilahi Ta’ala dan atas kekuasaan-Nya.
Dan barang siapa yang merendahkan diri kepada orang kaya karena melihat kekayaannya, maka hilanglah 2/3 agamanya. Artinya bahwa disyari’atkannya penghormatan manusia kepada orang lain adalah karena alasan kebaikan dan ilmunya bukan karena kekayaannya. Karena sesungguhnya orang yang memuliakan harta, sesungguhnya ia telah menyia-nyiakan ilmu dan amal shaleh. Telah berkata Sayyidy Syaikh Abdul qadir Al- Jailany RA, “Tidak boleh tidak bagi seorang muslim pada setiap keadaannya selalu dalam tiga keadaan, yangpertama melaksanakan perintah, kedua menjauhi larangan, dan ketiga ridha dengan pembagian Tuhan.” Dan kondisi minimal bagi seorang mukmin adalah tidak terlepas dari salah satu dari tiga keadaan tersebut di atas, 32. telah berkata Sayidina Aby Bakar As-Shidiq RA, “Tiga perkara yang tidak akan dapat diperoleh dengan tiga perkara lainnya. Artinya ada tiga perkara, dimana tiga perkara tersebut tidak akan dapat diperoleh dengan tiga perkara, yaitu yang pertama Kekayaan dengan hanya berangan-angan. Sesungguhnya kekayaan tidak dapat diperoleh hanya dengan berangan-angan akan tetapi dengan pembagian dari Allah. yang ke dua Muda dengan bersemir. Maka tidak akan dapat diperoleh kemudaan usia hanya dengan menyemir rambut dan lain sebagainya. Yang ketiga, Kesehatan dengan obat-obatan.

Maqolah 32

Dari Abu Bakar As-Shidiq RA, “Tiga perkara tidak dapat di capai/didapatkan dengan tiga perkara lainnya : 1. Kekayaan dengan angan-angan. Artinya tidaklah kekayaan itu dapat diperoleh hanya dengan berangan-angan tanpa kerja nyata, dan pembagian dari Allah. 2. Muda usia dengan semir. Artinya tidaklah akan diperoleh keadaan menjadi muda hanya karena disemirnya rambut dan sebagainya. Akan tetapi orang yang sudah bertambah usia (tua) tidaklah mungkin berubah menjadi muda kembali meskipun dengan rambut disemir atau yang lainnya. Dan umur akan terus berjalan hingga akhirnya habislah umur itu kembali menghadap sang Khaliq. 3. Dan kesehatan dengan menggunakan obat-obatan. Artinya kesehatan tidak dapat diperoleh dengan
mengkonsumsi obat-obatan akan tetapi sesuai sunnah Allah harus dengan menjaga diri dengan makanan yang halal dan olah raga secara teratur serta rajin beribadah.

Maqolah 33

Dari Sahabat Umar RA, “bersikap kasih sayang dengan manusia adalah setengah dari sempurnanya aka”l. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hiban dan Thabrani dan Baihaqi dari Jabir bin abdiLlah dari Naby SAW bersabda, “Berperilaku baik terhadap manusia adalah shadaqah”. Artinya berperilaku yang baik terhadap manusia melalui ucapan dan perbuatan pahalanya sama dengan orang yang bersedekah. Dan sebagian dari suritauladan Naby dalam bersikap baik dalam pergaulan adalah beliau tidak pernah mencela makanan dan menghardik pelayan dan tidak pernah memukul wanita termasuk isteri beliau. Dan yang lebih tepat untuk perilaku yang baik ini adalah meninggalkan kesenangan duniawi karena tuntutan agama. Dan rajn bertanya (kepada Ulama) adalah setengah dari ilmu. Karena ilmu akan dipeorleh apabila kita rajin bertanya terhadap segala sesuatu yang kita tidak tahu. Dan rajin bekerja adalah setengah dari penghidupan. Karena dengan rajin bekerja kita akan memperoleh rizki sebagai bekal untuk kelangsungan hidup kita.

Maqolah ke 37

Dari Nabi Dawud AS, Diwahyukan di dalam kitab Zabur, – Wajib bagi orang yang berakal untuk tidak menyibukkan diri kecuali dalam tiga hal :
1. Mempersiapkan bekal untuk perjalanan ke akhirat.
2. Bergaul dengan pergaulan yang baik.
3. Bekerja dengan baik mencari rizki yang halal untuk bekal ibadah kepada Allah karena mencari rizki yang halal adalah wajib hukumnya.

Maqolah ke 38

Dari Abu Hurairah RA. Nama beliau adalah AbduRrahman bin Shakhr. Beliau berkata, telah bersabda Naby SAW Ada tiga perkara yang menyelamatkan (dari adzab), tiga perkara yang merusakkan (membawa orang kepada kerusakannya), tiga perkara meningkatkan derajat (beberapa tingkatan di akhirat), tiga perkara menghapuskan dosa. Adapun tiga yang menyelamatkan adalah:
1. Takut kepada Allah dalam keadaan tersembunyi maupun terang-terangan.
2. Sedang dalam faqir dan kekayaan.
3. Seimbang dalam ridha dan marah (yaitu Ridha karena Allah dan marah karena Allah).
Adapun (tiga) yang merusakkan adalah:
1. bakhil yang bersangatan (dengan tidak mau memberikan apa yang menjadi hak Allah dan haq makhluk). Dalam riwayat lain bakhil yang diperturutkan. (Adapun apabila sifat bakhil itu ada dalam diri seseorang akan tetapi tidak diperturutkan, maka tidaklah yang demikian ini merusakkan karena sifat bakhil adalah sifat yang lazim ada pada manusia).
2. Hawa nafsu yang selalu diikuti.
3. Dan herannya (‘ujub) manusia terhadap diri sendiri. (Artinya seseorang memandang dirinya dengan pandangan kesempurnaan dirinya disertai lalai terhadap ni’mat Allah Ta’ala dan merasa aman dari hilangnya ni’mat itu).
Adapun yang meninggikan derajat adalah:
1. Menebarkan salam (artinya menebarkan salam kepada orang lain yang dikenal maupun yang tidak dikenal).
2. Memberikan hidangan makanan (kepada tamu atau orang yang menderita kelaparan).
3. Dan shalat pada waktu malam sedang manusia sedang tertidur lelap (yaitu mengerjakan shalat tahajud pada tengah malam ketika orang-orang sedang lalai dalam ni’matnya tidur).
Adapun yang dapat menghapus dosa adalah :
1. Menyempurnakan wudhu pada saat yang sulit (artinya menyempurnakan wudhu pada saat udara sangat dingin dengan menjalankan sunah-sunahnya).
2. Malangkahkan kaki untuk mengerjakan shalat berjama’ah.
3. Menunggu shalat sesudah shalat (Untuk mengerjakan shalat berikutnya di masjid yang sama).

Maqolah ke 39

قال جبریل علیھ السلام یا محمد عش ما شئت فئنك میت, وأحبب من شئت فئنك مفارقة, واعمل ما شئت فئنك مجزى بھ,
Jibril As berkata, “Ya Muhammad hiduplah sesuka engkau karena sesungguhnya engkau akan meninggal dunia. Dan cintailah orang yang engkau suka karena engkau pasti akan berpisah (disebabkan kematian). Dan beramalah sesuka engkau karena engkau akan di beri pahala atas amal itu.

Maqolah ke 40

قال النبي صل الھ علیھ وسلم : ثلاثة نفر یظلھم الله تحت ظل عرشھ یوم لاظل الا ظلھ. المتوضئ فى المكاره, والماشى الى المساجد فى الظلم, ومطعم الجائع.
Tiga golongan yang akan mendapatkan naungan الله di bawah naungan ‘arsy-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. 1 orang yang berwudhu pada waktu yang sangat berat (dingin bersangatan). 2. orang yang pergi ke masjid dalam kegelapan )untuk mengerjakan shalat berjama’ah). 3. Orang yang memberi makan orang yang kelaparan.

Maqolah ke 41

قیل لابراھیم علیھ السلام, "لأي شیئ اتخذك الله خلیلا ؟ قال بثلاثت اشیاء : اخترت امر الله تعالى على أمر غیره, وما اھتممت بما تكفل الله لى وما تعیشت وما تغدیت الا مع الضیف
Ditanyakan kepada Nabi Ibrahim AS, “Dengan sehingga الله menjadikan engkau sebagai kekasih ?” Maka Ia menjawab, “Dengan tiga hal, Aku memilih melaksanakan perintah الله daripada perintah selain الله . Dan aku tidak bersedih hati atas apa yang telah الله tanggung untukku (dari rizki). Dan tidak sekali-kali aku makan malam atau makan pagi kecuali bersama-sama dengan tamu.
Telah diriwayatkan bahwa Nabi Ibrahim AS berjalan satu mil atau dua mil untuk mencari orang yang mau dijak makan bersamanya.

Maqolah ke 42

عن بعض الحكماء : ثلاثة اشیاء تفرج الغصص 1 ذكر الله تعالي, 2 ولقاء أولیائھ, 3 وكلام الحكماء
Diriwayatkan dari sebagian ahli hikmah (orang-orang yang pandai mengobati penyakit hati). Tiga perkara dapat menghilangkan kesusahan. 1 Dzikir kepada الله dengan lafadz apapun seperti banyak membaca kaliamat لاالھ الاالله dan kalimat لاحولولاقوةالابالله , atau dengan bermunajat kepada-Nya. 2 Bertemu kekasih / Aulia-Nya dari para ulama dan orang-orang saleh. 3 Mendengarkan kalam (nasihat) para hukama’ (orang yang menunjukkan kepada kebajikan dunia dan akhirat).

Maqolah ke 43

عن حسن البصرى رضي الله عنھ : من لا أدبلھ لاعلم لھ, ومن لاصبرلھ لادین لھ, ومن لاورع لھ لازلفى لھ.
Dari Hasan Al Bashri RA, Barang siapa yang tidak memiliki adab/etika (kepada الله dan kepada makhluk) maka tiadalah ilmu baginya. Barang siapa yang tidak memiliki kesabaran (karena menanggung bala’ dan menanggung disakiti oleh makhluk, dan atas beratnya menjahui maksiyat dan atas melaksanakan kewajiban), maka tiadalah agama baginya. Barang siapa yang tidak wara’ (dari yang haram dan syubhat) maka tidak ada pujian (martabat) baginya di hadapan الله dan tiada kedekatan baginya kepada .الله


Sekian ringkasan yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat di dunia dan Akhirat, Aamiin.
By: Al Faqir Illa Rohmati Azza Wajalla
Penjara Suci As Surur 3 Maret 2012.

Penghuni Neraka

Beberapa hadits menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, diantaranya adalah hadits yang diriwatatkan oleh Abu Sa'id Al Khudhri rodhiyallohu 'anhu:

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي أَضْحَى أَوْ فِطْرٍ إِلَى الْمُصَلَّى فَمَرَّ عَلَى النِّسَاءِ فَقَالَ يَا مَعْشَرَ النِّسَاءِ تَصَدَّقْنَ فَإِنِّي أُرِيتُكُنَّ أَكْثَرَ أَهْلِ النَّارِ فَقُلْنَ وَبِمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ تُكْثِرْنَ اللَّعْنَ وَتَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ مَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِينٍ أَذْهَبَ لِلُبِّ الرَّجُلِ الْحَازِمِ مِنْ إِحْدَاكُنَّ قُلْنَ وَمَا نُقْصَانُ دِينِنَا وَعَقْلِنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ أَلَيْسَ شَهَادَةُ الْمَرْأَةِ مِثْلَ نِصْفِ شَهَادَةِ الرَّجُلِ قُلْنَ بَلَى قَالَ فَذَلِكِ مِنْ نُقْصَانِ عَقْلِهَا أَلَيْسَ إِذَا حَاضَتْ لَمْ تُصَلِّ وَلَمْ تَصُمْ قُلْنَ بَلَى قَالَ فَذَلِكِ مِنْ نُقْصَانِ دِينِهَا
“Rasulullah Shollallohu 'alaihi wasallam pernah keluar di waktu Idul-Adha atau Idul-Fitri menuju tempat shalat. Lalu beliau lewat bertemu para wanita untuk bersabda ‘hai para wanita, shadaqahlah! Sungguh saya telah menyaksikan kalianlah lebih banyaknya penghuni neraka’. Sontak mereka berkata ‘kenapa ya Rasulallah?’. Nabi bersabda ‘kalian sering melaknat dan mengkufuri suami. Saya belum pernah mengerti orang-orang yang kurang akal dan agamanya yang lebih menghilangkan lubb (akal yang bersih dari hawa-nafsu dan emosi) daripada seorang kalian’Mereka bertanya ‘bagaimana kurangnya agama dan akal kami, ya Rasulallah?’. Nabi bersabda ‘bukankah (Allah menentukan) persaksian seorang wanita semisal setengah persaksian seorang pria?’. Mereka menjawab ‘betul’. Nabi bersabda ‘itu karena kurangnya akalnya. Bukankah jika haid tidak shalat dan tidak berpuasa?’. Mereka berkata ‘betul’. Nabi shollallohu 'alaihi wasallam bersabda ‘itu karena kurangnya agamanya’.” (Shohih Bukhori, no.304 dan Shohih Muslim, no.132)

Namun dalam riawat lain dijelaskan bahwa kebanyakan penghuni surga juga wanita :

عنْ مُحَمَّدٍ، قَالَ: إِمَّا تَفَاخَرُوا وَإِمَّا تَذَاكَرُوا: الرِّجَالُ فِي الْجَنَّةِ أَكْثَرُ أَمِ النِّسَاءُ؟ فَقَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: أَوَ لَمْ يَقُلْ أَبُو الْقَاسِمِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّ أَوَّلَ زُمْرَةٍ تَدْخُلُ الْجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ، وَالَّتِي تَلِيهَا عَلَى أَضْوَإِ كَوْكَبٍ دُرِّيٍّ فِي السَّمَاءِ، لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ زَوْجَتَانِ اثْنَتَانِ، يُرَى مُخُّ سُوقِهِمَا مِنْ وَرَاءِ اللَّحْمِ، وَمَا فِي الْجَنَّةِ أَعْزَبُ
"Dari Muhammad berkata: Mungkin mereka saling membangga-banggakan diri atau menyebut-nyebut bahwa kaum lelaki lebih banyak disurga dari pada kaum wanita, lalu Abu Hurairah berkata: Bukankah Abu Al Qasim Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Sesungguhnya golongan pertama yang masuk surga wujudnya seperti bulan di malam purnama, golongan selanjutnya wujudnya seperti bintang paling terang di langit dan setiap lelaki diantara mereka memiliki dua istri, tulang betis keduanya terlihat dari baik daging dan disurga tidak ada orang bujang."(Shohih Muslim, no.2834)

Sekilas, nampak ada pertentangan antara 2 hadits diatas, dimana hadits yang pertama menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, sebaliknya hadits kedua menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni surga adalah wanita. Para ulama' memberikan penjelasan berbeda menanggapi dua riwayat yang seakan-akan bertentangan tersebut ;
1. Kedua hadits diatas mengisyaratkan bahwa jumlah wanita dudunia ini lebih banyak daripada laki-laki, karena itu baik disurga atau dineraka kebanyakan penghuninya adalah wanita.
2. Memang benar kebanyakan penghuni neraka adalah wanita sebelum Nabi memberikan syafa'atnya kepada orang-orang muslim ahli maksiat yang masuk neraka, setelah Nabi memberikan syafa'at pada ahli maksiat yang masuk neraka, dan banyak wanita ahli maksiat yang dikeluarkan dari neraka, akhirnya kebanyakan penghuni surga adalah wanita.
3. Yang dilihat Nabi pada saat itu memang kebanyakan penghuni neraka adalah wanita, namun ini tidak menutup kemungkinan jumlahnya mengalami perubahan.
Bagaimana pun, pesan yang ingin disampaikan dalam hadits yang menjelaskan bahwa kebanyakan penghuni neraka, seperti yang diriwayatkan Abu Sa'id Al Khudzri diatas adalah peringatan bagi wanita agar selalu mawas diri, memperbanyak melakukan kebaikan, menjaga lisannya dari ucapan-ucapan dosa, seperti melaknat seseorang dan berbuat baik terhadap suaminya, karena kebanyakan dari wanita kurang bisa menjaga lisannya dan kurang taat dan berani terhadap suaminya.
Jadi, hadit diatas sama sekali tidak bertentangan dengan realitas yang ada dimana kebanyakan yang memenuhi majlis-majlis ta'lim atau acara acara dan ritual keagamaan adalahg wanita, sebab yang ditekankan oleh nabi adalah kurang taatnya seorang wanita terhadap suaminya dan kurang bisa menjaga ucapannya, dua hal ini yang menjadi penyebab utama wanita masuk neraka. Wallohu a'lam.

Syarah Shohih Muslim Lin-Nawawi, Juz : 2 Hal : 66-67

حدثنا محمد بن رمح بن المهاجر المصري، أخبرنا الليث، عن ابن الهاد، عن عبد الله بن دينار، عن عبد الله بن عمر، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: «يا معشر النساء، تصدقن وأكثرن الاستغفار، فإني رأيتكن أكثر أهل النار» فقالت امرأة منهن جزلة: وما لنا يا رسول الله أكثر أهل النار؟ قال: «تكثرن اللعن، وتكفرن العشير، وما رأيت من ناقصات عقل ودين أغلب لذي لب منكن» قالت: يا رسول الله، وما نقصان العقل والدين؟ قال: " أما نقصان العقل: فشهادة امرأتين تعدل شهادة رجل فهذا نقصان العقل، وتمكث الليالي ما تصلي، وتفطر في رمضان فهذا نقصان الدين " وحدثنيه أبو الطاهر، أخبرنا ابن وهب، عن بكر بن مضر، عن ابن الهاد بهذا الإسناد مثله
...................................................
وأما أحكام الحديث ففيه جمل من العلوم منها الحث على الصدقة وأفعال البر والإكثار من الاستغفار وسائر الطاعات وفيه أن الحسنات يذهبن السيئات كما قال الله عزوجل وفيه أن كفران العشير والإحسان من الكبائر فإن التوعد بالنار من علامة كون المعصية كبيرة كما سنوضحه قريبا إن شاء الله تعالى وفيه أن اللعن أيضا من المعاصي الشديدة القبح وليس فيه أنه كبيرة فإنه صلى الله عليه وسلم قال تكثرن اللعن والصغيرة إذا أكثرت صارت كبيرة

Syarah Shohih Muslim Lin-Nawawi, Juz : 17 Hal : 66-67
حدثني عمرو الناقد، ويعقوب بن إبراهيم الدورقي، جميعا عن ابن علية - واللفظ ليعقوب - قالا: حدثنا إسماعيل ابن علية، أخبرنا أيوب، عن محمد، قال: إما تفاخروا وإما تذاكروا: الرجال في الجنة أكثر أم النساء؟ فقال أبو هريرة: أو لم يقل أبو القاسم صلى الله عليه وسلم: «إن أول زمرة تدخل الجنة على صورة القمر ليلة البدر، والتي تليها على أضوإ كوكب دري في السماء، لكل امرئ منهم زوجتان اثنتان، يرى مخ سوقهما من وراء اللحم، وما في الجنة أعزب؟
....................................
قال القاضي ظاهر هذا الحديث أن النساء أكثر أهل الجنة وفي الحديث الآخر أنهن أكثر أهل النار قال فيخرج من مجموع هذا أن النساء أكثر ولد آدم قال وهذا كله فى الآدميات والافقد جاء للواحد من أهل الجنة من الحور العدد الكثير

Dalilul Falihin, Juz : 4 Hal : 423
قال الحافظ: وفي حديث أبي سعيد عند مسلم في صفة أدنى أهل الجنة «ثم يدخل عليه زوجتاه» ولأبي يعلى عن أبي هريرة «فدخل الرجل على ثنتين وسبعين زوجة مما ينشىء الله زوجتين من ولد آدم» واستدل أبو هريرة بهذا الحديث على أن النساء في الجنة أكثر من الرجال كما أخرجه عنه مسلم في «صحيحه» وهو واضح، لكن يعارضه قوله في حديث الكسوف «أكثر أهل النار» . ويجاب بأنه لا يلزم من كون أكثرهن في النار، نفى كون أكثرهن في الجنة لكن يشكل عليه حديث اطلعت الخ، ويحتمل أن الراوي رواه بالمعنى الذي فهمه من أن كونهن أكثر ساكني النار يلزم منه كونهن أقل ساكني الجنة وليس ذلك بلازم لما قدمته، ويحتمل أن يكون ذلك في أول الأمر قبل خروج العصاة من النار بالشفاعة والله أعلم. قال شيخ الإسلام زكريا: ويجاب أيضاً بأن المراد بكونهن أكثر أهل النار نساء الدنيا وبكونهن أكثر أهل الجنة نساء الآخرة فلا تنافي اهـ

Mir'atul Mafatih Syarah Misykatul Mashobih, Juz : 1 Hal : 80-81
أكثر أهل النار) –إلى أن قال- ، ولا يعارض هذا ما أخرجه أبويعلى عن أبي هريرة في حديث الصور الطويل مرفوعاً: ((فيدخل الرجل على اثنتين وسبعين زوجة مما ينشئ الله وزوجتين من ولد آدم)) وغير ذلك من الأحاديث الدالة على كون الزوجتين من نساء الدنيا، وكثرة النساء في الجنة دون النار لأنه يحتمل أن يكون ذلك في أول الأمر قبل خروج العصاة من النار بالشفاعة، وقيل: كانت الأكثرية عند مشاهدته إذ ذاك ولا تنسحب على مجموع الزمان، فتأمل