Aug 23, 2014

PENGENDALIAN DIRI

Akal + qolbu + nafsu = manusia

Kali ini kami ingin berbagi 3 komponen terpenting yg ada pada manusia, serta anjuran untuk mengenal diri kita sendiri baik aspek lahiriyah maupun bathiniyah sebagai mana Rosululloh SAW bersabdah "Barang siapa yg mengenal dirinya ia akan mengenal Tuhannya" langsung ke pokok pembahasan.

Konsep akal pun cukup menyita waktu jika kita mencoba mengkaji nya secara nash bahkan banyolan belaka. Akal berpusat pada otak sebagai penyeimbang gerak tubuh. Konsep otak kanan serta kiri pun akan berbeda hasil sebuah produk pemikiran akal.

Sedangkan qolbu sesuatu yg lembut berwujud segumpalan molekul2 yg banyak fariasinya, qolbu adalah wadah pengendali akal & nafsu, jika qolbu menjadi pemimpin utk kita niscaya akan baik secara lahiriyah & bathiniyah,

Nafsu atau nafas berbentuk udara secara harfiyah, pokok nafsu pun beraneka ragam dan jenis. Ada nafsu lawwamah, nafsu amaroh, dan nafsu muthmainah. Tiga jenis nafsu ini pun mengandung maknah yg cukup rumit utk di jabarkan secara sempurna. Tetapi pada intinya nafsu /keinginan ada yg baik ada pula yg kurang baik.

Hemat kata 2 komponen di atas (akal&nafsu) jika kita berusaha mengontrolnya dgn satu komponen yakni qolbu, Insya Alloh akan menjadi lebih indah hidup ini.

Serta kita di anjurkan utk mencontoh Rosululloh SAW yg lebih dominan memaksimalkan indra perasa baik qolbu serta lisan Beliau maka akhlak yg di impikan akan terwujud sebagaimana beliau bersabdah "sesungguhnya aku di utus utk menyempurnahkan budipekerti"

Hal ini yg di lakukan orang tua kita dulu yg biasa di sebut dgn TOTO KEROMO.
Barang siapa yg bertambah ilmu serta tingkat ibadahnya, tetapi akhlaknya kurang indah, maka ilmu serta ibadahnya tak berbekas sedikit pun pada dirinya.

(Sirrul Qolb)

Iseng dini hari... :)

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.