Aug 31, 2014

Sebaik Tempat Kembali Negri Akhirat

dunia akhirat

** ASTAGHFIRULLAH .. MINAL BARAAYAA ..
** ASTAGHFIRULLAH .. MINAL KHOTOYAA ..

“KESENANGAN di dunia ini hanya SEBENTAR dan AKHIRAT itu LEBIH BAIK bagi orang-orang yg BERTAQWA. Dan kamu tidak akan dianiaya

Pada hari kiamat nanti Allah akan mendatangkan salah satu dari calon penghuni neraka, yg mana orang tsb ketika hidup di dunia adalah orang yg p...aling nikmat hidupnya.

Kemudian oleh Allah orang tsb dicelupkan ke neraka 1 celupan, ditempelkan ke neraka 1 tempelan. Kemudian setelah itu orang itu ditarik oleh Allah kembali dari neraka. Setelah merasakan siksaan sekejap di neraka,

Lalu Allah menanyakan “هل رأيت نعيما قط؟” : “Wahai Fulan, apakah engkau masih ingat kenikmatan yg dulu engkau rasakan di dunia? Wanita yg engkau zinai ketika di dunia? Harta melimpah yg engkau nikmati di dunia? masakan yg paling enak yg engkau makan di dunia? Apakah engkau masih merasakan semua itu saat ini?

Kemudian orang tsb menjawab, “لا و الله ما رأيت نعيما قط” : “Tidak, Demi Allah, semuanya telah terlupakan.”

Kemudian Allah mendatangkan orang yg kedua.

Jika yg pertama tadi calon penghuni neraka, sekarang Allah mendatangkan calon penghuni Syurga. Calon penghuni surga tsb adalah orang yg dulunya ketika di dunia hidupnya sangat susah. Mungkin karena miskinnya dia, mungkin karena tubuhnya sakit-sakitan, pendek kata dia adalah orang yg paling sengsara hidupnya ketika di dunia.

Hanya saja dia adalah orang yg rajin beribadah. Kemudian oleh Allah orang tsb dicelupkan ke syurga sebentar, yg mungkin hanya beberapa detik.

Lalu Allah mengangkatnya dari surga dan bertanya “هل رأيت بؤسا قط؟” : “Apakah engkau
merasakan kesengsaraan yg dulu pernah engkau rasakan ketika di dunia?
Kemudian orang tsb menjawab,”لا والله يا رب ما رأيت بؤسا قط” : “Tidak, Demi Allah semuanya telah terlupakan yaa Robb.” (HR. Muslim)

Ket ** KENIKMATAN dan KESENGSARAAN yg kita rasakan di dunia itu SEMENTARA.

Orang yg ketika di dunia diliputi dg kesengsaraan, kesulitan dan betapa sempitnya hidup, namun senantiasa QONA’AH, maka mereka akan bergembira kelak. Demikian sebaliknya,

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

“Setiap yg bernyawa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dg kebaikan dan keburukan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya. Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya’: 35)

Ibnu ‘Abbas menafsirkan ayat ini, “Kami uji kalian dg kesusahan dan kesenangan, dg sehat dan sakit, dg kekayaan dan kefakiran dan serta dg halal dan haram. semuanya adala ujian.”
(lihat: Kitab ‘uddatush Shoobiriin, karya Ibnul Qoyyim)

Sebagai seorang Mukmin sudah pasti kebahagiaan akhirat jauh lebih penting dan lebih utama dari kehidupan dunia. Sehingga kesenangan dan kenikmatan yg didapat di dunia tidak akan melalaikannya dari beriman dan beribadah pada Allah guna mengejar kebahagiaan abadi di kampung akhirat.

Ibnul Qoyyim pernah mengatakan tentang dunia, “Dunia ini ibarat bayangan. Kejar dia, maka sungguh kau tak akan bisa menangkapnya. Balikkan badanmu darinya, maka tidak ada pilihan baginya kecuali mengikutimu.”

Hasan Al-Bashri jg pernah berkata tentang dunia, “Ketika cinta atas dunia memasuki hati, maka takut akan akhirat akan keluar darinya. Berhati-hatilah dg godaan dunia, karena tidak seorang hamba pun yg membuka satu pintu dunia ini, tanpa tertutupnya beberapa pintu akhirat.”.

HAKIKAT HIDUP di dunia hanyalah SEBENTAR. Dan ALLAH telah menjelaskan perbandingannya dg kehidupan di AKHIRAT kelak adalah 1 hari (akhirat) : 50.000 tahun (dunia).

Semoga kita bisa MEMANFAAT_kan SISA HIDUP kita untuk BERTAQWA ..

مَتَاعُ الدَّنْيَا قَلِيلٌ وَالآخِرَةُ خَيْرٌ لِّمَنِ اتَّقَى وَلاَ تُظْلَمُونَ فَتِيلاً

“KESENANGAN di dunia ini hanya SEBENTAR dan AKHIRAT itu LEBIH BAIK bagi orang-orang yg BERTAQWA. Dan kamu tidak akan dianiaya sedikit pun.” (QS: An-Nisa’: 77).


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.