Feb 23, 2014

Perbedaan Karomah dan Istidroj

"Perbedaan Karomah dan Istidroj "

Bismillah waal Hamdulillah waa Laa Illaha Illa lloh hu waa allohu Akbar...........

Langsung pada pokok pembahasan....
-Pengertian Karomah

Menurut Ibnu Abil ‘Izz, di dalam kitabnya Syarah ath-Thohawiyah menyatakan :

قال ابن أبي العز في الشرح : (( فالمعجزة في اللغة تعم كل خارق للعادة و كذلك الكرامة في عرف أئمة أهل العلم المتقدمين .

ولكن كثير من المتأخرين يفرقون في اللفظ بينهما فيجعلون المعجزة للنبي والكرامة للولي وجماعها الأمر الخارق للعادة .

Berkata Ibn Abil 'Izz dalam Syarah :“Mu'jizat menurut bahasa meliputi segala kemampuan atau keupayaan luar biasa. Demikian juga halnya dengan karomah menurut bahasa yang lazim di kalangan para Imam ahli ilmu terdahulu. Hanya saja kemudian banyak di kalangan muta’akhirin yang membedakan di antara keduanya. Mereka menjadikan kata “mu'jizat” itu khusus untuk para Nabi, dan kata “karomah” itu untuk para wali. Sedangkan kedua-duanya adalah sama-sama merujuk kepada kemampuan diluar kebiasaan.” (Ibnu Abil ‘Izz, Syarah ath-Thohawiyah, m/s. 207 )

Menurut al Imam al Qusyairi, karomah merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan kelakuan seseorang. Barang siapa yang tidak benar sikap dan kelakuannya, maka tidak dapat menunjukkan ke karomahannya.Dan Allah Yang Maha Qodim memberi tahu kepada kita agar membedakan orang yang benar dan mana yang bathil. [Abul Qosim Abdul Karim Hawazim Qusyairi Naisabury, Risalatul Qusyairiyyah, Darr al-Khoir : 353]

Dalam Syarh al-Hikam Disebutkan :

قال ابن عطاء الله السكندي رحمه الله تعالى: ربما رُزِق الكرامةَ مَنْ لم تكملْ له الاستقامة.

يعني: أن الكرامة التي هي الأمر الخارق للعادة لا عبرة بها عند المحققين، وإنما الكرامة الحقيقية هي الاستقامة[1] . ومرجعها إلى أمرين: صحة الإيمان بالله عز وجل، واتباع ما جاء به رسوله صلى الله عليه وسلم ظاهراً وباطناً. ولذا قال أبو يزيد رحمه الله:لو أن رجلاً بسط مصلاه على الماء وتربع في الهواء فلا تغتروا به حتى تنظروا كيف تجدونه في الأمر والنهي . وقيل له: إن فلاناً يمر في ليلة إلى مكة، فقال:إن الشيطان يمر في لحظة من المشرق إلى المغرب . وقيل له: إن فلاناً يمشي على الماء، فقال:الحيتان في الماء والطير في الهواء أعجب من ذلك [2].

[1] يقول الله تعالى: (فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَن تَابَ مَعَكَ وَلاَ تَطْغَوْا إِنَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ). سورة هود، الآية 112.
[2] حُكِي للإمام الشافعي رحمه الله ما قاله الليث بن سعد رحمه الله فقيه مصر ومفتيها في زمانه: "لو رأيتم الرجل يمشي على الماء فلا تعتدوا به ولا تغتروا به حتى تعرضوه على كتاب الله وسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم"، فقال: "لقد قصَّر الليث، لو رأيتم الرجل يمشي على الماء أو يطير في الهواء فلا تعتدوا به ولا تغتروا به حتى تعرضوه على كتاب الله وسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، فإن الشيطان يطير من المشرق إلى المغرب".

Berkata Syaikh Ibnu 'Athooillaah as-Sakandari RA :

Terkadang karomah tidaklah diberikan bagi seseorang kecuali berupa istiqomah. Maksudnya : karomah yang merupakan kejadian luar biasa tidaklah berarti bagi orang-orang ahli hakikat sebab karomah yang sesungguhnya bagi mereka adalah istiqomah 1]. Rujukan dan sandaran istiqomah adalah ke absahan iman kepada Allah 'Azza wa Jalla dan mengikuti segala yang diajarkan Kanjeng Nabi Muhammad Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam secara lahir dan bathin.
Karnanya Abu Yazid al-Busthomi berkata “Bila seorang mampu menggelar sajadah tempat sholatnya diatas air, mampu duduk bersila diudara maka janganlah sesekali kalian tertipu hingga kalian jumpai bagaimana dirinya dalam menjalankan perintah dan menjauhi larangan Allah”. Ditanyakan pada Abu Yazid “Sesungguhnya si fulan mampu berjalan disatu malam menuju Makkah” Beliau menjawab “Sesungguhnya setan mampu berjalan dari ujung timur keujung barat dalam sekejap mata”
Ditanyakan pada Abu Yazid “Sesungguhnya si fulan mampu berjalan diatas air”
Beliau menjawab “Ikan-ikan di air, burung-burung di udara lebih mengherankan ketimbang hal itu”.

1]. Allahu Ta'aala berfirman : Maka istiqomahlah kamu pada jalan yang benar, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah taubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Huud : 112)

2]. Al Imam asy-Syafi'i Rohimahullaah menceritakan apa yang diucapkan Al-Layts ibn Sa'ad seorang Faqih dan Mufti Mesir di zamannya. ''Jika kalian melihat seorang yang bisa mengambang di atas air, maka janganlah tertipu olehnya, sehingga kalian serahkan urusannya kepada al Quran dan Sunnah Rosulullah Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam.” maka dikatakan ucapan ringkas al-Laits : ''Jika kalian melihat seseorang yang mampu berjalan di atas air dan terbang di angkasa, maka janganlah kalian tertipu olehnya, sehingga kalian serahkan urusannya kepada al Quran dan Sunnah Rosulullah Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam.”Sesungguhnya setan-setan terbang dari timur ke barat. [Syarh al-Hikam al-‘Athooillah I/126]

Sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Ibnu Taimiyyah, bahwasannya dari kalangan Shohabat, Tabi'in rodliyallaahu 'anhum ajma'iin dan para salaf ash-Sholih rohimahullaahu Ta'aalaa banyaklah yang memiliki ''karomah''. Dari Shohabat Abu Bakar rodliyallaahu 'anh pun beliau pula ada karomah. Kami ambil satu contoh lain sebagaimana terdapat dalam Shohih Muslim, kisah shohabat yang melihat Malaikat :

وما أخرجه مسلم عن أبي سعيد الخدري : أن أسيد بن حضير بينما هو ليلة يقرأ في مربده إذ جالت فرسه فقرأ ثم جالت أخرى فقرأ ثم جالت أيضا قال أسيد فخشيت أن تطأ يحيى فقمت إليها فإذا مثل الظلة فوق رأسي فيها أمثال السرج عرجت في الجو حتى ما أراها قال فغدوت على رسول الله صلى الله عليه وسلم فقلت يا رسول الله بينما أنا البارحة من جوف الليل أقرأ في مربدي إذ جالت فرسي فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم اقرإ بن حضير قال فقرأت ثم جالت أيضا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم اقرإ بن حضير قال فقرأت ثم جالت أيضا فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم اقرإ بن حضير قال فانصرفت وكان يحيى قريبا منها خشيت أن تطأه فرأيت مثل الظلة فيها أمثال السرج عرجت في الجو حتى ما أراها فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم تلك الملائكة كانت تستمع لك ولو قرأت لأصبحت يراها الناس ما تستتر منهم .
[صحيح مسلم بتحقيق محمد فؤاد عبد الباقي ج1 ص 584 ح 796 ط. دار إحياء التراث العربي / بيروت ، صحيح البخاري ج4 ص 1916 ط. دار ابن كثير – دار اليمامة / بيروت سنة 1407 هـ 1987م ]

Dalam Shohih Muslim, dari Abu Sa’iad al-Khudrii (rodliyallaahu ‘anhu) :

“Pada suatu malam, Usaid bin hudhoir membaca al Quran di tempat pengolahan kurma milik beliau. Tiba-tiba kuda milik beliau melompat-melompat. Lalu beliau terus membacanya lagi, dan kudanya terus melompat-lompat lagi. Beliau membaca lagi, dan kudanya pun melompat-lompat lagi.”

Beliau berkata: “Kerana aku khawatir kuda tersebut akan menginjak anakku si Yahya, maka aku pun mendekatinya. Tiba-tiba aku nampak seperti ada naungan awan di atas kepalaku. Di dalamnya ada semacam lampu, lalu ia naik ke angkasa sehingga tidak terlihat lagi olehku.”

Beliau berkata lagi: “Keesokan harinya aku pun menemui Rosulullah dan aku berkata: “Wahai Rosulullah, tengah malam tadi ketika aku sedang membaca al Quran di tempat pengolahan kurma milikku tiba-tiba kudaku melompat-lompat.” Rosulullah pun berkata:

“Teruskan (ceritamu) wahai Ibnu hudhoir!” Usaid berkata: “Aku pun terus membacanya lagi (pada waktu malam). Tiba-tiba kudaku melompat-lompat lagi.” Rosulullah pun berkata lagi:

“Teruskan wahai Ibnu hudhoir!” Usaid berkata: “Aku pun terus membacanya lagi (pada waktu malam). Tiba-tiba kudaku melompat-lompat lagi.” Rosulullah pun berkata lagi:

“Teruskan wahai Ibnu Chudhoir!” Usaid menjawab: “Lalu aku pun menoleh, kerana anakku berada berdekatan dengan kuda tersebut dan aku khawatir jika kuda tersebut menginjaknya. Tiba-tiba aku melihat sesuatu seperti awan (naungan), di dalamnya ada seperti lampu. Lalu ia naik ke angkasa sehingga aku tidak melihatnya lagi.” Kemudian Rosulullah berkata:

“Itu adalah para malaikat yang turun kerana mendengar engkau membaca al Quran.” Seandainya engkau terus membacanya, tentu ia akan terlihat oleh manusia. Ia tidak akan bersembunyi dari mereka.”

-Pengertian Istidroj

Istidroj secara bahasa diambil dari kata da-ro-ja ( درج ) yang artinya naik dari satu tingkatan ke tingkatan selanjutnya. Sementara istidroj dari Allah kepada hamba difahami sebagai ‘hukuman’ yang diberikan sedikit demi sedikit dan tidak diberikan langsung. Allah biarkan orang ini dan tidak disegerakan adzabnya. Allah Berfirman :

سَنَسْتَدْرِجُهُمْ مِنْ حَيْثُ لاَ يَعْلَمُونَ

“Nanti Kami akan Menghukum mereka dengan berangsur-angsur (ke arah kebinasaan) dari arah yang tidak mereka ketahui.” (QS. Al-Qolam: 44)'' [Al-Mu’jam Al-Lughoh Al-Arobiyah, kata: da-ro-ja)

عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "إِذَا رَأَيْتَ اللَّهَ تَعَالى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنْهُ اسْتِدْرَاجٌ"، ثُمَّ تَلَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ}. أخرجه أحمد (4/145 ، رقم 17349) ، والطبراني فى الكبير (17/330 ، رقم 913) ، وفى الأوسط (9/110 ، رقم 9272) ، قال الهيثمي (10/245) : رواه الطبراني فى الأوسط عن شيخه الوليد بن العباس المصرى ، وهو ضعيف. والبيهقي فى شعب الإيمان (4/128 ، رقم 4540)

Dari 'Uqbah bin 'Aamir rodliyallaahu 'anhu, dari Nabi Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam beliau bersabda : ''Jika engkau melihat Allahu Ta'ala Memberikan kepada seorang hamba keni'matan duniawi yang dia senangi dengan melakukan kema'siatan, sesungguhnya itu adalah istidroj. Kemudian Rosuulullaah Shollallaahu 'Alayhi wa Sallam membaca Ayat yang artinya: “Maka tatkala mereka telah melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami-pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa (Q.S al-An’aam:44)''

Istidroj Allah kepada hamba-Nya adalah jelas merupakan ni'mat yang didapati kerna kelalaian, kema'siatan hamba, yang dengan itu Allahu Ta'ala akan Membinasakan mereka. Jadi sangat bertolak belakang dengan karomah Allah kepada para wali-Nya yang diberikan kerna ketaqwaan, keta'atan dan dengannya Allahu Ta'ala melebihkan derajad diantara hamba lainnya.

Maka jelaslah perbedaan antara karomatul awliya dengan istidroj dengan berdasar al Quran wa al Hadits wal kutubul Tauhid. Dimana sebuah karomah tidak bisa lepas dengan ketaqwaan seorang hamba, sedang istidroj merupakan ni'mat yang diberikan-Nya diatas kelalaian kema'siatan hamba.

''Oleh kernanya tiada alasan lagi untuk memvonis kemampuan luar biasa (karomah) yang dimiliki oleh Waliyullaah sebagai istidroj". Bila ada kesalahan Tolong di luruskan...(Sirrul Qolb)

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.