Feb 23, 2014

Ruhaniyah Bab I

Di dalam jiwa yg kotor, terdapat raga yg busuk.... (kajian mlm bersama seseorang)
Sebagai mana Rosul menegaskan : “Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ada sekerat daging. Apabila daging itu baik, maka seluruh tubuh itu baik; dan apabila sekerat daging itu rusak, maka seluruh tubuh itu pun rusak. Ketahuilah, dia itu adalah Hati.'" (HR. Bukhori waa Muslim )


Dulu ketika sekolah dasar sering sekali bpk/ibu guru ketika baru memulai pelajaran berkata berdoa di mulai, menurut ajarannya dan keyakinannya masing-masing, karena sikap toleransi serta kebebasan dlm beragama di dalam PPKN yg di tanamkan, INDONESIA UNTUK SEMUA AGAMA... berjalanya waktu hingga sekarang ini agamanya sama tp bnyk yg berkeyakinan berbeda... sampai-sampai ada yg saling hujat, saling hina, dan lain-lain... dan utk bpk/ibu guru ku terima kasih atas pelajaran pertama yg kalian sambaikan kpd kami.... salam santun dari murid mu ini....(Sirrul Qolb)

Ujian yg Alloh berikan ter hadap manusia berbeda2 satu dengan yg lain, jika dia orang kaya ujiannya kekayaanya, jika dia orang miskin ujiannya kemiskinannya, jika dia orang pintar ujiannya kepintarannya, jika dia orang bodoh ujiannya pun kebodohanya.... intinya adalah setiap manusia pasti ada masalah, dan manusia yg beruntung adalah yg segera mencari solusi utk masalahnya, dibarengi petunjuk Nya....(Sirrul Qolb)

"Seseorang yang hatinya baik, segala sesuatunya akan menjadi baik sekalipun perkara buruk mendatanginya."

Seburuk-buruk iblis pasti ada sisi kebaikannya. Seburuk-buruk fitnah yang datang atas agama ini pun pasti ada sisi baiknya.
Tetap berhusnu dzohon saja...
Salam Aswaja, salam Wahaby, salam Syi'ah, salam Jama'ah Tabligh. Salam dari kubur. (Sirrul Qolb)


“Rizki itu ada dua, Tajrid dan Kasbi. Rizki Tajrid diperoleh tanpa melalui ikhtiar, inilah karunia yang Allah berikan kepada para auliya' (kekasih Allah). Sedang rizki Kasbi didapat melalui proses ikhtiar.”(Siruul Qolb)

“Rizki itu ibarat tangki mobil, sudah ada takarannya gak bisa dilebihkan atau dikurangi. Kalau dilebihkan bisa-bisa luber dan kalau dikurangi bisa-bisa pengemudi tidak sampai ke tujuan.” (Siruul Qolb)

Harus bersyukur dapet nasihat baik dari orang lain (buka mata buka telinga jangan menutup hati), jika malaikat yg turun tangan... orang lain ga bisa bantu... (Siruul QOlb)

Nikmatnya api di dunia.... ga ada api ga bisa ngudut... ga bisa masak... dan lain-lain....wahh... itu klo api di dunia...
klo api di neraka hmmm... boro2 mau msk, mau ngudut.....(kalian juga tau kan)
Sebagaimana Firman Alloh : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah MANUSIA dan BATU, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan”.
(At Tahrim:6) Eling2 Gusti..... (SIruul QOlb)


Lebih baik bagimu meminta perlindungan dari sampah kemungkaran dan dengki, dendam dan pengkhianatan, dari pada memohon diberikan keteguhan iman....
"Karena yang pertama kau akui dirimu sebagai hamba yang membutuhkan, sedangkan yang kedua kau angkat dadamu di hadapanNya meminta ujian" (Sirrul Qolb)


Tafakur siang hari.....
ketika kita dihadapi 2 pilihan, nyawa atau harta. secara spontan kita akan memilih nyawa kita... sebagai ilustrasi ketika kita di hadirkan bencana entah kebakaran, stunami, banjir bandang, gunung meletus dan lainnya. ap yg anda pilih..??? nyawa anda atau harta anda...???itu lah ilustrasi singkat nyawa yg TUhan berikan kepada kita adalah anungrah yg amat sangat besar bagi kita, harta yg sekian lama kita kumpulkan sedikit demi sedikit ketika musibah yg Tuhan hadirkan kepada kita itu semua tidak berarti sama sekali bagi kita.... so..... sama halnya ketika Malaikat Maut menjemput kita harta, istri, suami, anak, keluarga akan kita tinggalkan... jadi inti dari kehidupan dunia ini adalah untuk mempersiapkan diri dikunjungi Malaikat Maut....... (Sirul Qolb)
 
 
 
 
 
 
 
 


Jika anda tau diri Insya Alloh ketenangan hidup dunia akan anda raih...... {ingat kapasitas, anda ini siapa?}

Bahagia dalam keadaan sulit & sempit... jika itu di amalkan berbahagialah kalian.... sempitnya aj bahagia apa lg lapangnya...(Syukron Ajengan)

6 PERKARA YANG DAPAT MENGGEROGOTI AMAL-AMAL BAIK :

1. Al istighlal bi’uyubil kholqi (sibuk dengan aib orang lain), sehingga lupa pada aib sendiri. Semut di seberang kelihatan sedang gajah di pelupuk mata tidak kelihatan.

2. Qaswatul qulub (hati yang keras). Kerasnya hati terkadang lebih keras dari batu karang. Sulit menerima nasehat.

3. Hubbud dunya (cinta dunia), takut mati, merasa hidupnya hanya
di dunia saja maka segala aktifitasnya tertuju pada kenikmatan dunia sehingga lupa akan hari esok di akhirat.

4. Qillatul haya’ (sedikit rasa malunya), jika seseorang telah kehilangan rasa malu maka akan melakukan apa saja tanpa takut dosa.

5. Thuulul amal ( panjang angan-angan), merasa hidupnya masih lama di dunia ini sehingga enggan untuk taubat.

6. Zhulmun la yantahi (kezhaliman yang tak pernah berhenti). Perbuatan maksiat itu biasanya membuat kecanduan bagi pelakunya jika tidak segera taubat dan berhenti maka sulit untuk meninggalkan kemaksiatan tersebut. (Sirrul Qolb)


    

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.